-->

Jokowi ajak Anwar Ibrahim Berkeliling di Kebun Raya Bogor


BOGOR, LELEMUKU.COM - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim tiba di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 9 Januari 2023. Anwar disambut Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam kunjungan perdananya ke luar negeri sejak ia menjabat sebagai perdana menteri Malaysia itu.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi mengajak Anwar Ibrahim berkeliling Kebun Raya Bogor menggunakan mobil buggy. Jokowi menyupiri sendiri mobil buggy itu dengan Anwar Ibrahim duduk di sebelahnya. Keduanya tampak berbincang di atas mobil. Sebelum berkeliling kebun raya, Jokowi awalnya mengajak Anwar Ibrahim menanam bibit pohon merawan di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor.

Anwar Ibrahim tiba di Istana Bogor pukul 10.00 pagi diiringi pasukan berkuda, pasukan berbusana tradisional dan pasukan pengamanan presiden atau Paspampres. Ia disambut di halaman Istana Kepresidenan Bogor oleh Jokowi dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dalam lawatannya ke Indonesia, Anwar Ibrahim dan Jokowi dijadwalkan akan bertukar pandangan mengenai perkembangan regional dan global, terutama situasi di Myanmar. Isu menangani minyak sawit, sebagaimana Malaysia dan Indonesia adalah eksportir terbesar dunia, juga akan masuk dalam  substansi dialog dua pemimpin.

Di sela-sela kunjungan tersebut, delapan Nota Kesepahaman (MoU) antara sektor swasta Malaysia dan Indonesia yang diperkirakan bernilai RM1,16 miliar atau sekitar Rp4,11 triliun akan ditandatangani. Pada 2021, Indonesia adalah mitra dagang global terbesar ke-7 Malaysia dan ke-3 di ASEAN dengan nilai perdagangan RM 95,31 miliar atau sekitar Rp 337,806 triliun.

Untuk periode Januari-November 2022, Indonesia merupakan mitra dagang terbesar ke-6 Malaysia secara global, dan mitra dagang terbesar ke-2 di ASEAN dengan total perdagangan meningkat sebesar 41,7 persen senilai RM 120,26 miliar atau sekitar Rp 427.442 triliun.

Selama kunjungan tersebut, delapan nota kesepahaman antara sektor swasta Malaysia dan Indonesia akan ditandatangani dengan total proyek yang diperkirakan bernilai RM1,16 miliar.

Selain agenda bilateral, dalam kunjungan Anwar Ibrahim ke Jakarta, ia dijadwalkan akan memberikan kuliah umum tentang "Hubungan Strategis Malaysia-Indonesia". Dia juga melakukan sesi pertemuan dengan diaspora Malaysia di Jakarta pada Minggu malam, 8 Januari 2023. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel