-->

Itamar Ben Gvir Kunjungi Situs Suci Yerusalem


YERUSALEM, LELEMUKU.COM - Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben Gvir mengunjungi situs suci Yerusalem, Selasa (3/1), untuk pertama kalinya sejak menjabat dalam pemerintahan baru sayap kanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pekan lalu. Kunjungan itu dipandang oleh warga Palestina sebagai provokasi.

Sebelumnya pada hari itu, sejumlah pejabat Palestina mengatakan seorang anak laki-laki berusia 15 tahun tewas oleh tembakan pasukan Israel di dekat kota Bethlehem di Tepi Barat yang diduduki. Militer Israel mengatakan pasukannya telah menembak seseorang yang terlibat dalam konfrontasi kekerasan dengan mereka.

Di Yerusalem, Itamar Ben-Gvir memasuki situs yang dikenal oleh orang Yahudi sebagai Bukit Bait Suci -- dan oleh Muslim sebagai kompleks Masjid al-Aqsa -- dengan diapit oleh kontingen besar polisi.

Ben-Gvir telah lama menyerukan akses Yahudi yang lebih besar ke situs suci itu, yang dipandang oleh warga Palestina sebagai tindakan provokatif dan berpotensi membuka peluang bagi Israel untuk mengambil kendali penuh atas kompleks tersebut.

Sebagian besar rabi melarang orang Yahudi berdoa di situs tersebut, tetapi dalam beberapa tahun terakhir muncul gerakan yang makin berkembang yang mendorong orang-orang Yahudi untuk beribadah di sana.

Situs tersebut sering menjadi tempat bentrokan antara pengunjuk rasa Palestina dan pasukan keamanan Israel, yang terakhir terjadi pada bulan April tahun lalu.

Yordania, yang bertindak sebagai pengelola tempat suci yang diperebutkan, mengutuk kunjungan Ben-Gvir “dalam pernyataan terkerasnya.''

Niat yang dinyatakan Ben-Gvir untuk mengunjungi situs tersebut awal pekan ini mendapat ancaman dari kelompok militan Islam Hamas.

Ben-Gvir menulis di Twitter setelah kunjungannya itu bahwa situs tersebut “terbuka untuk semua orang dan jika Hamas berpikir bahwa ancamannya akan menghalangi saya, mereka harus tahu bahwa waktu telah berubah.”

Juru bicara Hamas Hazem Qassem mengatakan bahwa kunjungan Ben-Gvir ke situs tersebut adalah “kelanjutan dari agresi pendudukan Zionis di tempat-tempat suci kami dan perang terhadap identitas Arab kami.''

“Rakyat Palestina kami akan terus mempertahankan tempat-tempat suci mereka dan masjid Al-Aqsa,” katanya. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel