-->

China Keluarkan Peringatan Terselubung ke AS soal Taiwan


BEIJING, LELEMUKU.COM - Presiden China Xi Jinping mengeluarkan "peringatan terselubung" kepada Amerika Serikat dalam pesan tahun barunya kepada negara tersebut, menurut laporan media pemerintah CCTV dan kantor berita Xinhua pada Jumat (20/1). Ia menekankan bahwa China akan terlibat dalam "perjuangan serius" melawan separatisme dan campur tangan asing dalam hubungannya dengan Taiwan.

Dalam resepsi Tahun Baru Imlek di Aula Besar Rakyat yang dihadiri oleh para pemimpin partai di Politbiro, Xi mengatakan dalam pidatonya kepada rakyat China bahwa partainya dan militer menghadapi tantangan "angin kencang dan air berombak dalam situasi internasional."

Ia juga pernah menyampaikan hal serupa dalam pidatonya di Kongres Partai ke-20 sebagai peringatan tentang apa yang dinilainya sebagai "lingkungan internasional yang tidak bersahabat".

Dalam sebuah pesan terselubung yang merujuk pada AS dan hubungannya dengan Taiwan, Xi bersumpah untuk "dengan tegas melakukan perjuangan besar melawan separatisme dan campur tangan (asing)" dan "dengan tegas memegang inisiatif dalam hubungan lintas selat," kata laporan televisi pemerintah, CCTV dan Xinhua.

Xi juga berjanji untuk "menjalin lebih banyak pertemanan" di arena internasional dan secara aktif terlibat dalam "diplomasi negara besar dengan karakteristik China" untuk memastikan stabilitas dalam "lingkungan internasional yang bergejolak."

Dalam beberapa tahun terakhir, kepemimpinannya semakin menekankan pentingnya menegaskan narasi diplomatik dan sejarah yang berpusat pada China dan tekad untuk beralih dari tatanan dunia yang didominasi oleh Barat. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel