-->

BMKG Minta Masyarakat Tanimbar Waspadai Peringatan Dini Banjir Rob

BMKG Minta Masyarakat Tanimbar Waspadai Peringatan Dini Banjir Rob

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Stasiun  Meteorologi Mathilda Batlayeri, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Andi Ilham Taher meminta warga Tanimbar waspada dan jangan panik sikapi peringatan dini banjir pesisir atau rob.

“Banjir Rob ini disebabkan oleh pasang air laut maksimum pada hari ini yang puncaknya terjadi pada pukul 22.18 WIT dan akan surut kembali pada jam 5.19 pagi,” kata dia pada Selasa, 17 Januari 2023.

Lanjut Andi, banjir rob bisa terjadi karena adanya fenomena Super New Moon atau fase Bulan Baru yang bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi pada tanggal 21 Januari 2023 dimana berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum diprediksi tanggal 21 hingga 24 Januari 2023.

“Masyarakat yang tinggal di pesisir pantai sebelah Barat kepulauan Tanimbar tetap waspada karena gelombang laut pada malam ini mencapai 1,25 meter,” mintanya. (Oktofina Batlajeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel