-->

AS Unjuk Kekuatan Militer di Laut China Selatan


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Puluhan pesawat tempur dan helikopter Amerika Serikat, beserta kapal induk USS Nimitz melakukan latihan di Laut China Selatan, yang sebagian besar diklaim oleh China.

Helikopter MH-60 Seahawk dan jet F/A-18 Hornet yang membawa tanda panggilan pilot seperti "Fozzie Bear", "Pig Sweat" dan "Bongoo" mengeluarkan suara memekakkan telinga saat mendarat di Nimitz. yang memasuki Laut Cina Selatan dua minggu lalu.

Komandan pasukan, Laksamana Muda Christopher Sweeney, mengatakan tur tersebut merupakan bagian dari komitmen AS untuk menegakkan kebebasan melintas di perairan dan wilayah udara di wilayah yang vital bagi perdagangan global.

"Kami akan berlayar, terbang, dan beroperasi di mana pun norma dan aturan internasional mengizinkan. Kami akan melakukannya dengan aman dan kami akan tegas tentang itu," kata Sweeney kepada Reuters, Jumat, 27 Januari 2023.

“Ini benar-benar hanya tentang berlayar dan beroperasi secara jelas dengan sekutu dan mitra kami di kawasan tersebut dan memastikan mereka akan perdagangan dan perdagangan yang bebas dan terbuka di Indo-Pasifik.”

Kehadiran AS di Laut China Selatan, jalur perdagangan tahunan bernilai sekitar $3,4 triliun, telah disambut baik oleh sekutu seperti Jepang, Korea Selatan, Filipina, dan Australia, tetapi terus membuat marah saingannya China, yang melihat latihan tersebut sebagai provokasi di halaman belakangnya.

China mengklaim yurisdiksi bersejarah atas hampir seluruh Laut China Selatan, yang mencakup zona ekonomi eksklusif Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Filipina.

Beijing juga telah melakukan latihan rutin dan mempertahankan kehadiran besar penjaga pantai dan kapal penangkap ikan jauh dari daratannya - sumber ketegangan yang sering terjadi dengan tetangganya.

Grup 11 Nimitz termasuk kapal penjelajah berpeluru kendali Bunker Hill dan kapal perusak berpeluru kendali Decatur, Wayne E. Meyer dan Chung-Hoon. Chung-Hoon pada 5 Januari berlayar melalui Selat Taiwan yang sensitif, membuat China kesal.

Misi AS itu terjadi dua minggu setelah jet tempur Angkatan Laut China J-11 membunyikan alarm ketika terbang dalam jarak 3 meter dari pesawat Angkatan Udara AS di atas Laut China Selatan.

Sweeney mengatakan sangat penting untuk mengikuti aturan internasional dan mengatakan kehadiran AS di Laut China Selatan menunjukkan komitmennya kepada sekutu regionalnya.

"Kami telah beroperasi di perairan yang sama dengan angkatan laut China atau Singapura atau angkatan laut Filipina sejak kami tiba dan semuanya aman dan profesional," katanya.

"Kami akan berlayar, terbang, dan beroperasi di mana pun perairan internasional mengizinkan kami, jadi kami tidak akan ke mana-mana." (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel