-->

Anwar Ibrahim Saksikan Pertukaran 9 Nota Kesepakatan dan Penyerahan 11 LOI


BOGOR, LELEMUKU.COM - Perdana Menteri Anwar Ibrahim turut menyaksikan pertukaran sembilan nota kesepahaman (MOU) dan penyerahan 11 letter of interest (LOI) antara pelaku industri Malaysia dan perusahaan Indonesia di Jakarta pada Minggu malam, 8 Januari 2023, dengan potensi nilai RM1.66 miliar atau setara Rp4,11 triliun. Kepala Pemerintahan Malaysia itu berharap sejumlah kesepakatan bisnis tersebut berjalan tanpa kendala.

"Semoga segala kerjasama ini akan dipermudahkan demi kemakmuran Malaysia-Indonesia, InsyaAllah," kata Anwar Ibrahim melalui Twitter.

Kesepakatan tersebut mencakup kerja sama yang erat di berbagai sektor termasuk manufaktur, energi terbarukan, pengembangan farmasi dan properti, di antara bidang lainnya. Upacara penandatanganan 11 LOI melibatkan sepuluh perusahaan Malaysia teratas, antara lain Berjaya Corporation, Tenaga Nasional, Pharmaniaga, Alliance MEP (Sarawak), Boustead Properties dan Carsome.

Perusahaan Malaysia tersebut mendaftarkan minatnya untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam mengembangkan IKN Nusantara yang berlokasi di Kalimantan.

Anwar Ibrahim menemui Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor pada Senin pagi, 9 Januari 2023. Kedua pemimpin akan meninjau kemajuan kerja sama bilateral, menjajaki potensi kerjasama baru.(Daniel Fajri)

Beberapa isu penting yang akan dibahas dalam kerja sama ekonomi, termasuk potensi investasi Malaysia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, demarkasi darat dan batas laut, serta ketenagakerjaan dan perlindungan pekerja migran Indonesia.

Jokowi dan Anwar, menurut keterangan Kementerian Luar Negeri Malaysia, juga akan bertukar pandangan tentang sejumlah isu regional dan global, khususnya terkait situasi di Myanmar dan upaya bersama untuk mengatasi diskriminasi terhadap minyak sawit, di mana Malaysia dan Indonesia merupakan pengekspor terbesar dunia.

Pada 2021, Indonesia adalah mitra dagang global terbesar ke-7 Malaysia dan ke-3 di ASEAN dengan nilai perdagangan RM95,31 miliar atau sekitar Rp337,806 triliun.

Untuk periode Januari-November 2022, Indonesia merupakan mitra dagang terbesar ke-6 Malaysia secara global, dan mitra dagang terbesar ke-2 di ASEAN dengan total perdagangan meningkat sebesar 41,7 persen senilai RM120,26 miliar atau sekitar Rp427.442 triliun.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel