-->

Antony Blinken Kunker ke Israel dan Palestina


YERUSALEM, LELEMUKU.COM -  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken tiba pada Minggu, 29 Januari 2023 di Mesir untuk memulai kunjungannya ke Timur Tengah. Salah satu agenda kunjungan adalah meredakan ketegangan Israel Palestina setelah peristiwa kekerasan di Sinagoga pekan lalu.

Blinken, yang akan melakukan perjalanan Senin dan Selasa ke Yerusalem dan Ramallah setelah singgah di Kairo, telah lama merencanakan kunjungan untuk melihat pemerintahan sayap kanan Israel yang baru. Perjalanan tersebut menjadi penting di tengah meletupnya kekerasan terburuk dalam beberapa tahun terakhir antara Israel Palestina.

Jumat pekan lalu, seorang pria bersenjata Palestina melakukan penyerangan hingga menewaskan tujuh orang di luar Sinagoga di lingkungan pemukim di Yerusalem timur. Serangan berlanjut sehari kemudian.

Pada hari Kamis, sembilan orang tewas dalam serangan tentara Israel di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki, dalam salah satu operasi paling mematikan dalam beberapa tahun. Israel mengatakan pihaknya menargetkan militan Jihad Islam dan menyerang situs-situs di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas sebagai balasan atas tembakan roket.

Blinken akan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan pemimpin Palestina Mahmud Abbas. Ia menyerukan langkah-langkah untuk mengurangi ketegangan di antara dua kubu, menurut juru bicara Departemen Luar Negeri Vedant Patel.

Kekerasan juga kemungkinan terjadi dalam pembicaraan Senin antara Blinken dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi. Mesir berperan sebagai mediator Timur Tengah dan telah membantunya tetap menjadi mitra utama AS meskipun Presiden Joe Biden mengkritik catatan hak asasi manusia negara itu

Amerika Serikat, yang memiliki hubungan dekat dengan Israel, secara historis memimpin diplomasi Timur Tengah. Tetapi para ahli mempertanyakan apakah Blinken dapat mencapai terobosan dalam meredakan ketegangan.

"Yang terbaik yang bisa mereka lakukan adalah menjaga stabilitas untuk menghindari Mei 2021 lagi," kata Aaron David Miller, seorang negosiator veteran AS, mengacu pada 11 hari pertempuran antara Israel dan Hamas yang berakhir dengan gencatan senjata yang ditengahi Mesir.

Ghaith al-Omari, mantan pejabat Palestina sekarang di The Washington Institute, berharap Blinken mengulangi posisi tradisional AS daripada membuat terobosan baru. "Perjalanan itu sendiri adalah pesannya," katanya.

"Blinken akan meminta Abbas untuk berbuat lebih banyak tetapi tidak jelas apa yang bisa mereka lakukan," katanya, mengacu pada warga Palestina. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel