-->

Antisipasi Rencana Teror di Pegunungan Bintang, Polisi Tangkap Anggota Kelompok Separatis di Boven Digoel

Antisipasi Rencana Teror di Pegunungan Bintang, Polisi Tangkap 2 Anggota Kelompok Separatis di Boven Digoel.lelemuku.com.jpg

TANAH MERAH, LELEMUKU.COM - Kepolisian Resor (Polres) Boven Digoel (BOdi) melakukan penangkapan 2 orang anggota separatis beserta beberapa pucuk senjata di Pelabuhan Iwot Jl. Iwot Kampung Sokanggo, Distrik Mandobo, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua Selatan (Pasel) pada hari Rabu, 18 Januari 2023, pukul 12.10 WIT,

Menurut rilis yang diterima Lelemuku.com, senjata ini dibeli dari Papua Nugini (PNG) dan akan diantar ke wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegbin), Provinsi Papua Pegunungan (Pagun) melalui jalur Sungai dengan menggunakan speedboat atau longboat.

Identitas dari dua orang anggota separatis yang diamankan adalah AH, seorang mahasiswa dari Kampung Waesi, Kabupaten Yahukimo dan MK seorang mahasiswa dari Kampung Pugun, Kecamatan Obio, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Pagun.

Barang bukti yang diamankan meliputi 4 (empat) pucuk senjata Api jenis Harrington and Richardson (engkel loop), 18 butir amunisi, uang sejumlah Rp.3.750.000, 1 buah tas samping, 1 buah tas noken, 3 botol minyak senjata, 1 buah dompet, 1 baju tersangka, 1 buah parang, 1 buah spiker, 1 buah cas hp, 1 buah HP dan 2 buah tas yang berisikan baju tersangka.

Kronologis penangkapan dilakukan oleh Timsus Polres Boven Digoel dengan melakukan penyusupan di Pelabuhan Iwot pada pukul 09.00 WIT. 

Pada pukul 12.10 WIT, tersangka berjumlah 2 orang tiba di Pelabuhan Iwot berboncengan serta membawa barang bukti yang dibungkus menggunakan tikar dengan menggunakan Kendaraan Sepeda Motor jenis Yamaha Vega. 

Timsus Polres Boven Digoel yang mencurigai ke dua tersangka melakukan penghadangan dan penangkapan 2 orang tersangka. 

Pada pukul 12.20 WIT, barang bukti diamankan dan tersangka dibawa ke Rutan Polres Boven Digoel untuk penyidikan lebih lanjut. 

Diketahui ada 5 tersangka, dan 3 tersangka melarikan diri saat penangkapan dilakukan.

Setelah dilakukan penangkapan 2 orang tersangka dan barang bukti diamankan, pihak keamanan terus melakukan investigasi dan penyidikan lebih lanjut untuk mengungkap seluruh jaringan dari kelompok separatis  yang diduga merencanakan aksi teror di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang. 

Selain itu, pihak keamanan juga akan berkoordinasi dengan pihak keamanan di PNG untuk mengungkap asal-usul barang bukti yang diamankan dan melakukan tindakan tegas terhadap pelaku-pelaku yang terlibat dalam aksi teror ini. (Evu)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel