-->

Antisipasi Gangguan Kamtibmas di Oksibi, TNI Polri Lakukan Patroli Secara Persuasif

Antisipasi Gangguan Kamtibmas di Oksibi, TNI Polri Lakukan Patroli Secara Persuasif.lelemuku.com.jpg

OKSIBIL, LELEMUKU.COM - Pasca kejadian pembakaran Gedung SMK dan Kantor Dukcapil Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan (Pagun) oleh kelompok separatis Kodap 35 Bintang Timur, pihak aparat keamanan TNI-Polri terus berupaya menciptakan kembali suasana dan situasi yang kondusif ditengah-tengah masyarakat. 

Upaya yang dilakukan dengan melaksanakan himbauan keamanan, pengamanan bandara dan patroli gabungan secara rutin agar masyarakat bisa kembali merasakan kenyamanan dan keamanan terutama dalam beraktivitas di Kota Oksibil yang merupakan barometer kegiatan sosial ekonomi di Kabupaten Pegunungan Bintang.

Di sela-sela kegiatan patroli, Pabung Kab. Pegunungan Bintang Mayor Arh Soni Simanjuntak menyampaikan bahwa pihaknya bersama dengan Kepolisian terus berupaya melakukan himbauan dan ajakan kepada masyarakat secara persuasif sehingga masyarakat untuk bisa berasama-sama menjaga kantibmas di wilayah kota oksibil.

"Atas dasar himbauan secara berkesinambungan tersebut, kesadaran masyarakat yang selama ini masih kurang akhirnya mulai terbangun. Hal ini terlihat dengan mulai aktifnya masyarakat baik OAP maupun pendatang melaksanakan siskamling (jaga malam) hingga subuh seperti yang terlihat di Kampung Balusu Jalan Aldom dan di Kampung Kabiding Lokasi 3, dimana masyarakat secara sadar tanpa diperintahkan mulai melakukan penjagaan untuk mengantisipasi adanya gangguan kembali dari kelompok separatis yang sangat meresahkan masyarakat," ujar Pabung, Minggu (22/01/2023) malam. 

"Jajaran kami akan terus melakukan upaya-upaya serupa agar dapat terus membangun kesadaran masyarakat Kota Oksibil hingga ke seluruh pelosok-pelosok kampung untuk bersama-sama menciptakan keamanan kondusif dan tidak membiarkan kelompok-kelompok pengacau menganggu kenyamanan masyarakat," pungkas Pabung.

Melihat antusias masyarakat yang mulai terbangun dalam upaya menjaga keamanan di wilayah Kota Oksibil sambil melaksanakan patroli malam ditengah dinginnya udara pegunungan Oksibil, sekitar pukul 24.00 WIT, Pabung bersama Koramil 1715/Oksibil menyempatkan memberikan bantuan makanan dan minuman untuk menambah semangat dan moril masyarakat di Kampung Balusu Jalan Aldom dan masyarakat di Kampung Kabiding Lokasi 3 yang sedang melaksanakan jaga malam.

Terlihat senyum dan wajah yang bahagia dari masyarakat ketika menerima bantuan makanan dan minuman dari rombongan TNI.

Sambil bersalam-salaman dan tertawa bersama tidak lupa Pabung mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk terus bersama-sama membangun kesadaran menjaga dan menciptakan keamanan di Kota Oksibil karena keamanan bukan hanya menjadi tanggungjawab TNI-Polri tetapi menjadi tanggungjawab bersama. 

Selesai memberikan bantuan makanan dan minuman untuk masyarakat yang melaksanakan jaga malam, Pabung bersama rombongan melanjutkan patroli malam. Hingga berita ini diturunkan situasi Kota Oksibil saat ini sudah mulai Kembali kondusif berkat upaya aparat TNI-Polri dan bantuan dari masyarakat yang mulai melaksanakan penjagaan. (Penrem172)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel