-->

Akio Toyoda Mundur dari CEO Toyota


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Toyota Motor Corp mengumumkan bahwa Akio Toyoda akan mengundurkan diri sebagai presiden dan kepala eksekutif untuk menjadi ketua mulai 1 April 2023, Reuters, Kamis, 26 Januari 2023.

Posisinya akan diserahkan kepada Koji Sato yang saat ini menempati posisi strategis sebagai Presiden Lexus International dan Presiden Gazoo Racing Company.

"Sato akan menjadi CEO baru, sementara ketua saat ini, Takeshi Uchiyamada, akan melepaskan jabatan ketuanya tetapi tetap di dewan," kata Toyota dalam pernyataannya.

Toyoda merupakan cucu pendiri produsen mobil Toyota yang telah menjabat sebagai presiden sejak 2009.

Pria berusia 66 tahun itu meninggalkan kursi presiden dengan langkah besar terakhir menyampaikan road map Toyota tentang mobil listrik dan netral karbon pada akhir tahun lalu. Dia juga dikenal sebagai presiden yang sempat mengkritik akselerasi kendaraan listrik dari para rival yang dinilai terlalu dipaksakan.

Dalam keterangan resmi perusahaan, Toyoda menyebut perusahaan telah menghadapi serangkaian krisis yang mengancam keberlangsungan hidup Toyota seperti krisis penarikan global dan gempa bumi besar di Jepang.

"Kalau dipikir-pikir, 13 tahun ini adalah masa perjuangan untuk bertahan hidup hari demi hari. Itu adalah perasaan jujur saya," kata dia.

"Saya percaya bahwa di saat krisis, dua jalan muncul di hadapan kita. Salah satunya adalah jalan menuju kesuksesan jangka pendek atau kemenangan cepat. Yang lainnya adalah jalan yang mengarah kembali ke kualitas dan filosofi esensial yang memberi kita kekuatan."

Pengunduran diri Toyoda ini mendapatkan berbagai reaksi dari rekan sesama bos produsen mobil. Salah satunya datang dari Toshihiro Suzuki, Presiden Suzuki Motor.

“Saya sangat terkejut karena Presiden Toyoda telah membuat berbagai pernyataan dari sudut pandang industri otomotif, dan juga tentang industri Jepang. Memiliki seseorang dengan pemikiran yang begitu bersemangat dan telah membuat begitu banyak komentar tiba-tiba berhenti membuat saya bertanya-tanya apa yang akan terjadi di masa depan. Saya ingin dia terus memberi kita bimbingan terlepas dari posisinya."(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel