-->

481 Kali Gempa Bumi Susulan Terjadi di Jayapura

481 Kali Gempa Bumi Susulan Terjadi di Jayapura

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Berdasarkan hasil pengamatan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG)Wilayah V Jayapura sejak gempa bumi pertama Magnitudo 4,9 Kota Jayapura pada Senin, 2 Januari 2023 hingga Jumat, 6 Januari 2023, pukul 16.30 WIT telah terjadi gempa bumi sebanyak 481 kali dengan 42 kejadian dirasakan oleh masyarakat.

“Dari kejadian tersebut dilaporkan adanya kerusakan di sejumlah Kota dan Kabupatan Jayapura,” ujar Sub Kordinator Bidang Pengumpulan dan Penyebaran BBMKG Jayapura, Muhammad Syawal kepada Lelemuku.com.

Syawal memastikan gempa pertama dan kedua magnitude 5,2 pada Selasa, 3 Januari 2023 diikuti gempa susulan tidak berpotensi mengakibatkan tsunami karena sama sekali tidak memenuhi syarat terjadi tsunami, seperti gempa harus di laut dengan kedalaman dangkal kurang dari 30 km dan patahan normal serta kekuatannya harus diatas 6 skala richter.

Sementara, kejadian surutnya air laut di kota dan pesisir Jayapura pada tanggal 3 Januari lalu bertepatan dengan pasang surut air laut atau naik turunnya permukaan air laut yang disebabkan oleh pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari.

“Surutnya air muka laut itu bukan disebabkan oleh aktifitas gempa bumi, tetapi fenomena pasang surut air laut,” kata dia.

Syawal pun mengimbau masyarakat tetap tenang, jangan panik, harus bijak, cermat dan cerdas memilih informasi serta tidak terpancing dengan isu atau berita palsu yang meresahkan dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Kami terus melakukan pemantauan dengan tujuan mengetahui tren kejadian gempa bumi ini. Semoga ke depannya tetap akan turun, sehingga warga bisa kembali beraktifitas normal,” harapnya. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel