-->

Wang Wenbin Pastikan Perbatasan India-Cina sudah Stabil


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina Wang Wenbin pada Selasa, 13 Desember 2022, memastikan situasi di perbatasan India-Cina secara umum sudah stabil. Kepastian itu disampaikan beberapa hari setelah pasukan dari kedua negara bentrok di wilayah perbatasan Cina dengan India.

Wang tidak memberikan keterangan lebih rinci mengenai bentrokan dengan India di perbatasan itu.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan India Rajnath Singh mengumumkan telah terjadi bentrokan antara pasukan India dan Cina di perbatasan kedua negara pada 9 Desember 2022. Tentara India dan Cina sama-sama mengalami cedera dalam bentrokan tersebut.
 
"Pasukan Cina (PLA / Tentara Pembebasan Rakyat) berusaha mengubah status quo secara sepihak dengan melanggar batas Garis Kontrol Aktual, di wilayah Yangtse, sektor Tawang," kata Singh di hadapan anggota parlemen, Selasa, 13 Desember 2022.

"Tentara kami menanggapi upaya Cina ini dengan tindakan tegas. Perkelahian pun terjadi. Angkatan Darat India dengan berani mencegah PLA merangsek wilayah kami, dan memaksa mereka untuk mundur ke pos mereka. Beberapa tentara dari kedua belah pihak terluka dalam pertempuran kecil itu," ujar Singh menambahkan.

Menurut Singh, bentrokan terbaru terjadi di sektor Tawang di negara bagian Arunachal Pradesh di Himalaya timur laut India, yang berbatasan dengan selatan Cina. Dia mengklaim, tidak ada tentara India yang tewas dalam peristiwa ini atau mengalami luka serius.

Pertikaian itu adalah yang pertama antara kedua negara sejak bentrokan mematikan pada Juni 2020. Saat itu pasukan India dan Cina terlibat dalam pertempuran jarak dekat di Lembah Galwan di Ladakh, yang berbatasan dengan dataran tinggi Tibet yang dikuasai Cina. Insiden itu menyebabkan 20 tentara India dan empat tentara Cina, gugur.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel