-->

SOCAR Azerbaijan Hentikan Pasokan Minyak Rusia ke Turki


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Sebuah sumber bidang industri membocorkan kalau perusahaan minyak negara Azerbaijan, SOCAR, menghentikan pembelian minyak Rusia untuk kilang di Turki. Langkah ini sebagai tanda sanksi Barat mulai melanda arus stabilitas di luar Eropa dan Amerika Serikat.

Embargo Uni Eropa atas impor minyak mentah di lintas laut Rusia mulai berlaku per 5 Desember 2022 bersamaan dengan larangan penggunaan jasa pengiriman oleh Uni Eropa untuk pengangkutan minyak Rusia yang dibeli di atas batas harga atau price cap yang ditetapkan Kelompok Tujuh (G7) sebesar $60 per barel.

Kilang Turki, termasuk pabrik STAR 214.000 barel per hari (bpd) SOCAR, telah meningkatkan pembelian minyak mentah dari Rusia setelah invasi ke Ukraina pada akhir Februari 2022. Hal ini membawa keuntungan perdagangan yang lebih menguntungkan bagi produsen Rusia daripada Asia karena kedekatan negara.

Turki belum bergabung dengan perjanjian batas harga untuk minyak mentah Rusia (price cap). Walhasil, perusahaan Rusia dapat menjual minyak ke negara tersebut tanpa memperhatikan batasan ini.

Akan tetapi, aliran minyak mentah Rusia ke Turki ini, mulai turun bulan lalu ke level terendah sejak Februari 2022 menurut data Refinitiv Eikon. Sebuah sumber mengatakan SOCAR sedang mengevaluasi situasi agar tetap mematuhi sanksi Barat. Jalur perdagangan SOCAR yang berbasis di Jenewa mengelola pasokan minyak mentah untuk STAR.

Menurut data pelacakan kapal Refinitiv Eikon, aliran minyak mentah Ural merupakan tingkat ekspor utama Rusia ke Turki, yang sebesar 170 rib bph pada November atau turun lebih dari 300 ribu bph pada setiap bulan sejak Agustus hingga Oktober 2022.

Kilang STAR hanya mengambil 73 ribu bpd pada November 2022 atau turun dari 170 ribu bpd dalam tiga bulan sebelumnya. Sedangkan parsel terakhir untuk kilang STAR sudah berangkat pada 20 November 2022. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel