-->

Recep Tayyip Erdogan Umumkan Turki Temukan Ladang Minyak Baru


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Sekitar 150 juta barel cadangan minyak bersih ditemukan di Gunung Gabar, di provinsi Sirnak tenggara Turki. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan pada Senin, 12 Desember 2022 setelah rapat Kabinet dengan para Menteri. Penemuan itu, dikatakan Erdogan sebagai 1 dari 10 penemuan darat terbesar sepajang 2022, yang bernilai sekitar $12 miliar (Rp.187 triliun)

“Kami memproduksi 5 ribu barel per hari di empat sumur di wilayah ini, yang memiliki kualitas minyak yang sangat tinggi,” kata Erdogan seperti dikutip Anadolu Agency.

“Saat banyak perusahaan minyak dan gas alam menyerah selama pandemi, Turkish Petroleum mempercepat kegiatan eksplorasi dan produksinya. Dengan 34 penemuan lagi pada 2021 saja, kami menambahkan 71 juta barel lagi ke cadangan (minyak) kami saat ini,” tambah Erdogan.

Erdogan mengungkap pihaknya berencana untuk meningkatkan produksi minyaknya menjadi 100 ribu barel setiap hari, memperluas penelitian seismik, pengeboran, dan pengembangan peningkatan produktivitas lainnya.

Penemuan ladang minyak 150 juta barrel itu, terjadi kurang dari sebulan setelah Turki dilaporkan meminta diskon lebih dari 25 persen untuk pasokan gas alam dari Rusia, yang memasok sekitar 44 persen gas ke Turki. Kedua negara semakin sering bekerja sama dalam pasokan dan distribusi energi, terutama setelah serangan terhadap pipa gas Nord Stream di Laut Hitam.

Sebelumnya pada pekan lalu, Financial Times mewartakan pejabat di negara-negara Barat meminta Türkiye bertanggung jawab atas gangguan pengiriman minyak dari Laut Hitam, setelah Ankara menghentikan 22 kapal tanker yang membawa minyak mentah dan melintasi perairan teritorialnya dengan alasan masalah asuransi. Kapal-kapal itu ditahan beberapa hari setelah Uni Eropa, negara-negara anggota G7, dan Australia memberlakukan batas harga atau price cap $60 per barel untuk ekspor minyak mentah lintas laut Rusia.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel