-->

Paus Benediktus Wafat pada Usia 95 Tahun


VATIKAN, LELEMUKU.COM - Paus Benediktus wafat, Sabtu (31/12), pada usia 95 tahun di kediamannya, sebuah biara terpencil di Vatikan. Ia menjadi paus pertama dalam 600 tahun sejarah gereja Katolik yang mengundurkan diri pada 2013.

Lonceng berdentang di seluruh Kota Vatikan saat berita kematiannya tersebar.

Vatikan mengatakan jenazah mantan Paus tersebut akan disemayamkan mulai Senin (2/1) di Basilika Santo Petrus. Pemakaman Paus Benediktus direncanakan akan diadakan pada pagi hari 5 Januari. Paus Fransiskus akan memimpin langsung upacara pemakaman tersebut, yang akan dilaksakan di alun-alun besar di depan Basilika Santo Petrus.

"Dengan kesedihan saya menginformasikan kepada Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 9.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan," kata juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, dalam sebuah pernyataan.

Awal pekan ini, Paus Fransiskus mengungkapkan bahwa pendahulunya "sakit parah.” Bruni mengatakan dia telah menerima ritus terakhirnya, yang disebut "pengurapan orang sakit," pada Rabu.

Para pemimpin negara mengucapkan rasa belasungkawa mereka atas kepergian Paus Benediktus, yang merupakan paus Jerman pertama dalam 1.000 tahun.

Selama hampir 25 tahun, ketika menjabat menjadi Kardinal Joseph Ratzinger, Benediktus adalah kepala kantor doktrinal Vatikan yang berkuasa, yang saat itu dikenal sebagai Kongregasi Ajaran Iman (CDF).

Ia terpilih sebagai paus pada 19 April 2005 untuk menggantikan Paus Yohanes Paulus II yang sangat populer, yang memerintah selama 27 tahun.

Skandal pelecehan anak menghantui sebagian besar kepausannya, tetapi dia dipuji karena memulai proses untuk mendisiplinkan atau memecat pendeta yang terlibat kasus tersebut.

Namun Paus Benediktus sendiri mengakui bahwa dia adalah seorang pemimpin yang lemah. Ia mengatakan hal tersebut menunjukkan "kurangnya tekad dalam mengatur dan mengambil keputusan," selama delapan tahun kepausannya yang ditandai dengan salah langkah dan skandal kebocoran.(VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel