-->

Najwa Shihab dapat penghargaan Australia Alumni of the Year


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Najwa Shihab, pembawa acara talk show dan pendiri Narasi TV, menerima penghargaan Australian Alumni of the Year. Selain Najwa, dua WNI lainnya yang mendapatkan penghargaan ini adalah Syaifullah Muhammad, Kepala Pusat Penelitian Minyak Atsiri dan Profesor di Departemen Teknik Kimia Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh dan Antoni Tsaputra, Dosen dari Departemen Pendidikan Khusus Universitas Negeri Padang.  

Seremonial pemberian penghargaan ini diberikan pada Selasa 13 Desember 2022. Australian Alumni of the Year adalah penghargaan tahunan yang diberikan oleh Kedutaan Besar Australia di Jakarta atas keteladanan, kontribusi terhadap profesi dan masyarakat melalui kepemimpinan, integritas, dan kerja keras yang luar biasa.   

"Alumni kami berperan penting dalam menjembatani hubungan antara kedua negara; membantu masyarakat Indonesia untuk memahami Australia dan sebaliknya," kata Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM.

 Kedutaan Besar Australia memberikan penghargaan tahunan Australian Alumni of the Year pada Selasa 13 Desember 2022. Sumber: dokumen Kedutaan Besar Australia

Ada lebih dari 200 ribu Alumni Australia di Indonesia saat ini. Ketiga orang penerima penghargaan tahun ini dinilai sebagai pelopor di bidangnya masing-masing.

Najwa adalah pemenang Australian Alumni of the Year 2022. Dia meraih gelar Master di bidang hukum dari Universitas Melbourne pada 2008.

Sedangkan Syaifullah adalah pemenang penghargaan bidang Inovasi dan Kewirausahaan. Syaifullah juga diketahui menjabat sebagai Kepala Kluster Inovasi Proyek Minyak Nilam Aceh. Dia memperoleh gelar PhD dan Master bidang Teknik Kimia di Curtin University of Technology.

Adapun Antoni, mendapatkan penghargaan bidang upaya Memajukan Pemberdayaan Perempuan. Selain bekerja sebagai dosen, Antoni juga menjabat Ketua Jejaring Riset dan Advokasi Difabel Australia-Indonesia (AIDRAN), serta Anggota Dewan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI). Pada 2009, Antoni menerima beasiswa Australian Development untuk Master of Arts dalam bidang jurnalisme dan Komunikasi Massa di Universitas Griffith. Pada tahun 2020, ia menyelesaikan gelar PhD dalam bidang Kebijakan disabilitas di Universitas New South Wales.

Australia merupakan salah satu negara tujuan studi luar negeri paling populer dikalangan pelajar Indonesia, dengan sekitar 20 ribu pendaftaran setiap tahun. Alumni Indonesia dari universitas – universitas di Australia memiliki peran penting dalam memperdalam kerja sama kedua negara serta dalam membangun dan mendukung bisnis, keamanan dan kemakmuran bagi kedua negara.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel