-->

Louis van Gaal Sebut Timnas Belanda Bisa Jadi Juara Saat Hadapi Argentina di Perempat Final


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Timnas Belanda sudah lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Mereka selanjutnya akan berebut tiket semifinal dengan Argentina.

Pelatih Belanda, Louis van Gaal, menilai timnya memiliki potensi besar dalam turnamen ini, bahkan berpeluang juara. Hal itu ia sampaikan setelah kemenangan 3-1 atas Amerika Serikat dalam pertandingan babak 16 besar di Stadion Internasional Khalifa, Sabtu.

"Kami bisa menjadi juara dunia," kata Vam Gaal seusai lagai. "Saya tidak mengatakan bahwa kami akan menjadi juara, tetapi kami bisa."

Saat melawan AS, Belanda meraih gol dari Memphis Depay dan Daley Blind pada di babak pertama. Kemudian AS hanya membas satu gol lewat Haji Wright.

Pendekatan pragmatis Van Gaal dalam turnamen kali ini telah membuatnya mendapat beberapa kritik. Tetapi ia menjawab dengan hasil. Kini Belanda hanya berjarak dua kemenangan dari final masih berpeluang mengangkat trofi untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Apakah Van Gaal merasa diperlakukan tak adil dengan kritik itu? Apakah dia merasa harus juara dulu baru akan diapresiasi?

"Saya mendapat apresiasi yang cukup dari orang-orang di sekitar saya," kata dia

“Saya tahu media tidak selalu melaporkan dengan cara yang positif, itu wajar dalam sepak bola, tetapi beberapa negara top tidak lolos. Kami masih memiliki tiga pertandingan lagi."

Pelatih berusia 71 tahun itu tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan Piala Dunia sebagai pelatih. Itu merupakan rekor.

Ia kini akan berusaha melewati catatan sebelumnya, saat membawa Belanda finis di urutan ketiga pada 2014 di Brasil.

Lihat Beberapa Kelemahan

Ia mengaku senang dengan keberhasilan timnya lolos. Tapi, pelatih senior ini juga melihat banyak hal yang harus ditingkatkan dari timnya, seperti terlihat dari tampilan di babak pertama.

"Saya sangat kritis saat jeda waktu dan itu saya sampaikan pada pemain seperti biasanya," kata Van Gaal.

"Meskipun memimpin, kami sangat menderita, kami sering kehilangan bila. Itu tidak perlu dan itu tidak dapat diterima di Piala Dunia, jika Anda bermain melawan negara-negara top, Anda tidak dapat melakukannya."

"Di babak kedua mereka melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik, tetapi kami sangat senang dan itu memberi kami kepercayaan diri yang luar biasa. Kami akan mengevaluasi pertandingan, kemudian menyingsingkan lengan baju dan mulai bekerja lagi, saya tidak bisa menjanjikan lebih dari itu."

Van Gaal Akan Pensiun

Van Gaal akan meninggalkan perannya di akhir kampanye Belanda di Qatar, dan itu menjadi motivasi tambahan bagi para pemain, menurut bek Nathan Ake.

Ake mengatakan kepada wartawan, "Saya pikir Anda bisa melihat pertarungan yang kami miliki, seluruh tim bersatu, semua orang ingin melakukannya dengan baik untuknya."

"Dia sosok yang sangat ikonik bagi kami dan Belanda, jadi baginya untuk melakukan turnamen terakhirnya, ya jelas itu akan terlintas di pikiran kami."

Timnas Belanda akan menghadapi Argentina pada babak perempat final Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Lusail, Sabtu dinihari, 10 Desember 2022, mulai02.00 WIB. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel