-->

Kunjungi Cianjur, Jokowi Naikkan Bantuan Renovasi Rumah Korban Gempa Jadi Rp 60 Juta


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk keempat kalinya mengunjungi wilayah terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dalam kunjungan pada Kamis 8 Desember 2022, Jokowi mengumumkan penambahan bantuan renovasi rumah korban Gempa Cianjur.

Awalnya, Jokowi hanya akan memberikan bantuan renovasi rumah Rp 50 juta untuk rusak berat, Rp 25 juta rusak sedang, dan Rp 10 juta rusak ringan. Besaran ini mengaju pada besaran bantuan untuk korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Palu, Sulawesi Tengah, pada 2018.

"Tetapi tadi malam saya hitung-hitung lagi," kata Jokowi di Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 8 Desember 2022. "Tadi pagi saya sudah juga menyampaikan ke Menkeu (Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, ada uang atau tidak? ternyata ada sedikit."

Sehingga, Jokowi memutuskan untuk menaikkan bantuan. Dari Rp 50 juta menjadi Rp 60 juta, Rp 25 juta menjadi Rp 30 juta, dan Rp 10 juta menjadi Rp 15 juta. "Hari ini tadi telah diserahkan kurang lebih 8.100 bantuan untuk bapak ibu semuanya," ujar kepala negara.

Sebelumnya, gempa bumi magnitudo 5,6 terjadi di Cianjur terjadi pada Senin, 21 November 2022 pukul 13.21. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga Sabtu, 3 Desember, 2022, jumlah korban meninggal akibat gempa Cianjur bertambah menjadi 334 jiwa. Sampai hari ini, jumlahnya belum berubah.

Minta konstruksi rumah tahan gempa

Jokowi langsung mengunjungi wilayah terdampak sehari kemudian, 22 November. Dua hari kemudian, 24 November, Jokowi kembali ke lokasi. Saat itu, Jokowi berkata pemerintah akan menjamin bantuan renovasi rumah warga. Ia menyebut nanti akan ada tiga skema dalam program renovasi rumah warga tersebut

Lalu, Jokowi mengunjungi lagi untuk ketiga kalinya pada Senin, 5 Desember 2022. Dengan menggunakan rangkaian kendaraan darat, Jokowi ingin memastikan proses rekonstruksi bangunan terdampak gempa dimulai. Salah satunya pembangunan rumah tahan gempa.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel