-->

Jokowi Lantik Muhammad Ali Sebagai KSAL untuk Gantikan Yudo Margono


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Laksamana Madya (Laksdya) Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) untuk menggantikan Laksamana Yudo Margono yang diangkat sebagai Panglima TNI. Ali merupakan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I atau Pangkogabwilhan I.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945," kata Jokowi membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh Ali di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 28 Desember 2022.

"Bahwa saya akan menjunjung tinggi, sumpah prajurit," kata Jokowi, diikuti Ali.

Muhammad Ali menjadi KSAL menggantikan Yudo Margono yang dilantik menjadi Panglima TNI oleh Jokowi pada 19 Desember 2022. Yudo menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang pensiun.

Dalam pelantikan Yudo, Jokowi sudah membeberkan rencana pelantikan Ali. Meskipun demikian, saat itu presiden tak menyebutkan nama calon KSAL.

"Secepatnya, sudah-sudah calonnya yang jelas bukan dari bintang satu, bukan dari bintang dua, tetapi dari bintang tiga," kata Jokowi saat itu.

"Nanti, kalau sudah, nanti akan akan segera dilantik," kata kepala negara.

Yudo Margono juga menyatakan menyerahkan urusan penunjukkan KSAL pengganti dirinya kepada Jokowi.

"Beliau yang punya hak prerogatif, sudah dijelaskan bukan bintang satu, bukan bintang tiga, yang jelas dari angkatan laut," kata dia.
Rekam Jejak Muhammad Ali

Muhammad Ali merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut 1989. Dia sempat menjabat sebagai Perwira Departemen Operasi Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Sigalu-857 pada 1990.

Dua tahun berselang, Ali menjabat sebagai Asisten Perwira Divisi Ekasen di kapal selam KRI Nanggala-402. Setahun kemudian, dia pun menjabat sebagai Perwira Torpedo di kapal selam KRI Pasopati-410.

Setelah itu, dia kembali ke KRI Nanggala-402 pada 1995. Setahun berselang dia bertugas di daratan sebagai Kasi Taktik Sops Komando Armada Timur dan Kadalsen Divlat Dep Sewaco Puslattlekdalsen Kodikal.

Pada 2004, Ali kembali ke kapal selam. Kali ini, dia menjadi Komandan KRI Nangggala-402 selama dua tahun. Setelah itu dia kembali daratan.

Dia menyandang pangkat perwira tinggi Angkatan Laut pada 2015. Saat itu, Ali menjabat sebagai Pati Sahli KSAL Bidang Ekojemen. Setelah itu, sejumlah jabatan mentereng seperti Staf Khusus KSAL, Danguskamlabar dan Waasrena KSAL sempat dia genggam.

Terakhir, Muhammad Ali mendapat promosi menjadi perwira bintang tiga pada 2021 saat dia diseraih jabatan sebagai Pangkogabwilhan I. Setelah pengangkatannya sebagai KSAL, Ali kembali akan mendapatkan promosi menjadi bintang empat alias Laksamana TNI.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel