-->

Inilah Fakta Timnas Indonesia Pernah Bermain di Piala Dunia FIFA

Inilah Fakta Timnas Indonesia Pernah Bermain di Piala Dunia FIFA

JAKARTA PUSAT, LELEMUKU.COM - Indonesia pernah bermain di Piala Dunia. Indonesia tercatat sebagai salah satu negara yang pernah bermain di Piala Dunia FIFA, meskipun tidak sampai tahap grup. Pertandingan pertama Indonesia di Piala Dunia adalah pada tahun 1938, di Brazil. 

Indonesia juga sempat mengikuti babak kualifikasi Piala Dunia pada tahun 1974, 1978, 1982, 1986, 1990, dan 1994. Namun, Indonesia belum pernah lolos ke tahap grup Piala Dunia.

Meski hanya sekali, Indonesia yang saat itu bernama Hindia Belanda, merupakan tim Asia pertama yang berlaga dalam Piala Dunia FIFA. 

Pemain yang ikut dalam pertandingan saat itu adalah Mo Heng Tan, Frans Hu Kon, Jack Samuels, Achmad Nawir (kapten), Frans Meeng, Sutan Anwar, Tan Hong Djien, Isaak Pattiwael, Hans Taihuttu, Suvarte Soedarmadji dan Henk Zomers; serta dimanajeri oleh Johannes van Mastenbroek

Tim Indonesia hanya bisa bertanding sekali karena sistem gugur yang digunakan pada saat itu, dan akhirnya kalah dari Hungaria dengan skor 6-0. 

Indonesia memegang rekor Piala Dunia FIFA sebagai satu-satunya tim dengan pertandingan paling sedikit yang dimainkan (1 pertandingan) dan salah satu tim dengan jumlah gol paling sedikit dalam sejarah Piala Dunia FIFA (0 gol). 

Pada tahun 1958, untuk pertama kalinya negara ini ikut serta dalam kualifikasi Piala Dunia FIFA dengan menyandang nama Indonesia. Tim Indonesia berhasil mengalahkan Tiongkok di putaran pertama, namun kemudian didiskualifikasi setelah menolak bertanding dengan Israel. 

Setelah tahun 1958, tim Indonesia mengalami hiatus panjang dari Piala Dunia FIFA karena situasi politik yang tidak mendukung, baik di dalam ataupun di luar negeri. Indonesia akhirnya kembali berpartisipasi dalam kualifikasi Piala Dunia pada tahun 1974.

Selain itu, Indonesia juga pernah bermain dalam Piala Dunia U-20, yang merupakan pertandingan sepak bola untuk timnas U-20 (timnas under 20 tahun). Pertandingan ini pertama kali diadakan pada tahun 1977, dan Indonesia pernah mengikuti pertandingan tersebut pada tahun 1979, 1981, 1983, 1985, 1987, 1989, 1991, dan 1995. Namun, Indonesia juga belum pernah lolos ke tahap grup dalam pertandingan Piala Dunia U-20. (Evu)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel