-->

Dinkes DKI Dorong Warga Lansia Segera Lakukan Vaksinasi Covid-19 Dosis ke-4


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Dinas Kesehatan DKI mendorong para warga lansia untuk segera melakukan vaksinasi Covid-19 dosis keempat. Pemberian vaksin dosis keempat disebut mampu mencegah kematian akibat Covid-19.   

"Vaksinasi dosis keempat telah terbukti dapat meningkatkan antibodi yang akan mencegah kematian akibat COVID-19," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 10 Desember 2022.

Ngabila mengatakan Dinkes DKI akan mendorong warga lansia di Ibu Kota untuk melakukan vaksinasi dosis keempat dengan jarak minimal enam bulan setelah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga.

Data terbaru menunjukkan, realisasi vaksinasi dosis keempat untuk lansia hingga Jumat, 9 Desember 2022 di Jakarta baru mencapai sekitar 13 persen dari capaian vaksinasi lansia dosis ketiga sebanyak 435.166 orang atau 56.267 orang.

Berdasarkan data pada Oktober hingga November 2022, kematian akibat COVID-19 di Jakarta sebanyak 40 persen karena belum vaksin sama sekali. Kemudian, sebanyak 15 persen sudah vaksin dosis pertama dan 35 persen baru dosis kedua atau belum vaksin booster atau penguat.
Layanan vaksinasi pada sore-malam hari

Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah membuka layanan vaksinasi Covid-19 pada sore hari di 44 Puskesmas kecamatan. Layanan vaksinasi pada sore hari tersebut dibuka mulai pukul 16.00 hingga pukul 20.00 WIB.  

Layanan vaksinasi juga tetap buka pada Sabtu dan Minggu di beberapa tempat strategis seperti di Taman Lapangan Banteng, Mal Kota Kasablanka dan Green Pramuka Square.

Dinas Kesehatan DKI menginformasikan layanan vaksinasi malam hari melalui akun media sosial di antaranya Instagram @dinkesdki serta instagram Puskesmas dan RSUD. Dinkes DKI mengharapkan ketersediaan lokasi tersebut mempercepat vaksinasi bagi tenaga kesehatan dan lansia.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mencatat ada 300 lokasi vaksinasi COVID-19 yang buka setiap hari, yang dilayani fasilitas kesehatan di Ibu Kota baik Puskesmas dan rumah sakit.

Berdasarkan data corona.jakarta.go.id hingga Jumat, 9 Desember kasus aktif COVID-19 yang dirawat mencapai 872 kasus dan sebanyak 9.900 orang menjalani isolasi mandiri.

Meski terkendali, namun pihaknya tetap meminta masyarakat menerapkan protokol kesehatan (prokes) karena potensi penularan pandemi COVID-19 varian baru masih terjadi di antaranya varian BN1 dan XBB. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel