-->

Akhiri Tahun 2022, Korea Utara Uji Coba Tiga Rudal


PYONGYANG, LELEMUKU.COM - Korea Utara menembakkan tiga rudal balistik ke arah laut di timur Semenanjung Korea pada hari Sabtu, 31 Oktober 2022.

Peluncuran tersebut adalah yang terbaru dari sejumlah uji coba rudal Korea Utara tahun ini, karena Pyongyang terus mengembangkan senjata di tengah spekulasi mereka akan menguji senjata nuklir untuk ketujuh kalinya.

Tiga rudal balistik jarak pendek ditembakkan sekitar pukul 8 pagi waktu setempat dari Provinsi Hwanghae Utara, selatan ibu kota Pyongyang, kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Ketiganya terbang pada ketinggian sekitar 100 km dan menempuh jarak sekitar 350 km, kata Kementerian Pertahanan Jepang. Militer Korea Selatan juga mengatakan rudal itu terbang sekitar 350 km.

"Peluncuran rudal balistik Korea Utara adalah provokasi besar yang merusak perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea serta komunitas internasional," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, mengutuknya sebagai pelanggaran yang jelas terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB. dan mendesak untuk segera dihentikan.

Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat mengatakan peluncuran terbaru tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap personel atau wilayah AS atau sekutu Washington, tetapi peluncuran tersebut menyoroti dampak destabilisasi dari program senjata Korea Utara.

Peluncuran tersebut terjadi sehari setelah Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengumumkan berhasil melakukan uji terbang kendaraan ruang angkasa propelan padat.

Pada Senin, 26 Desember 2022, lima pesawat tak berawak Korea Utara menyeberang ke Korea Selatan, mendorong militer Korea Selatan menerbangkjan jet tempur dan helikopter untuk menembak jatuh mereka, dalam intrusi pertama sejak 2017.

Hubungan antara Korea Utara dan sekutu AS Korea Selatan semakin tegang sejak pemerintah konservatif Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengambil alih pada bulan Mei, menjanjikan sikap yang lebih keras terhadap Korea Utara.

Korea Utara telah menembakkan sekitar 70 rudal balistik tahun ini, belumk termasuk tuga yang diluncurkan Sabtu, kata kantor berita Yonhap. Rudal yang ditembakkan termasuk sekitar delapan rudal balistik antarbenua (ICBM).

Media pemerintah Korea Utara KCNA belum menyebutkan peluncuran terbaru ini, tetapi mengatakan, pemimpin Kim Jong Un telah memimpin pertemuan partai pada hari Jumat untuk memutuskan kebijakan dan strategi 2023. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel