-->

Xi Jinping Sampaikan Duka Cita ke Jokowi atas Gempa Cianjur


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Cina Xi Jinping telah menyampaikan pesan duka cita kepada korban bencana gempa Cianjur melalui Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi pada Selasa lalu, 22 November 2022. Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina (MFA) Zhao Lijian pada saat pengarahan pers reguler di Beijing, Rabu, 23 November 2022.

Saat itu Presiden Xi mengaku terkejut ketika mendengar gempa di Indonesia yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan kerugian material. Atas nama pemerintah dan dan rakyat Cina, Xi menyampaikan duka cita dan simpati mendalam kepada keluarga korban gempa.

"Cina dan Indonesia merupakan tetangga yang bersahabat," kata Zhao Lijian.
Cina siapkan bantuan

Lebih jauh, Zhao Lijian menyatakan pemerintah Cina telah menyiapkan bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk penanganan bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

"Cina siap memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan untuk bencana di Indonesia," kata Zhao Lijian. Namun dalam pernyataan itu tak dirinci jenis bantuan pemerintah Cina tersebut.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan sejumlah gubernur yang hadir dalam Kongres Pemda se-Asia Timur (East Asia Local and Regional Government), seperti dari Jepang telah memberikan tawaran untuk membantu rehabilitasi usai gempa Cianjur.

Ia mencontohkan komitmen dari Pemerintah Shizouka, Jepang, yang ingin membantu merumuskan kehidupan yang tangguh terhadap gempa bumi.
Jepang juga berkomitmen membantu    

"Karena provinsinya paling sering gempa bumi seperti Jawa Barat atau Pulau Jawa,” ujar Ridwan Kamil seusai menghadiri acara Kongres Pemda se-Asia Timur ke-11 Tahun 2022 di Kota Bandung, Rabu.

Dalam kongres itu juga telah disepakati untuk membahas kebencanaan yang masuk dalam agenda perumusan kerja sama antarwilayah.

"Selain itu Kongres EALRGC pun akan menyikapi sejumlah poin terkait menjauhi perang, menjauhi pandemi dan kerja sama di bidang ekonomi. Bagaimana menyikapi semua itu termasuk soal kebencanaan akan jadi satu bahasan,” Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa dengan Kang Emil itu mengatakan seluruh delegasi yang hadir menunjukkan simpati dan keprihatinan atas terjadinya bencana gempa bumi berkekuatan 5,6 M di Kabupaten Cianjur yang terjadi pada Senin, 21 November 2022.

Selain menyampaikan rasa duka cita dalam bentuk ucapan ataupun surat dari seluruh delegasi, kata Kang Emil, ada juga bantuan keuangan. Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Nara Jepang menggalang donasi bantuan bagi korban gempa Cianjur dari para delegasi yang hadir.

"Kita tidak menggalang donasi, tapi kalau mereka memberi, kita tidak menolak. Kita perlu apresiasi bahwa keprihatinan korban gempa dirasakan para delegasi ini,” kata Ridwan Kamil. (Tempo)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel