-->

Rishi Sunak akan Mengecam Invasi Vladimir Putin di KTT G20


NUSA DUA, LELEMUKU.COM - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak akan mengecam Presiden Rusia Vladimir Putin di konferensi tingkat tinggi atau KTT G20 Bali, atas invasi Rusia ke Ukraina yang dianggap telah telah memperburuk krisis global.

The Independent mewartakan, Sunak akan terbang ke Bali pada Minggu, 13 November 2022. Perdana Menteri Inggris akan bergabung dengan 16 pemimpin negara-negara anggota G20 lain yang telah mengkonfirmasi akan hadir secara tatap muka.

“KTT G20 ini tidak akan berjalan seperti biasa. Kami akan mengecam rezim Putin, dan mengungkapkan penghinaan mereka terhadap jenis kerja sama internasional dan penghormatan terhadap forum kedaulatan seperti yang diwakili G20," kata Sunak dalam sebuah pernyataan.

KTT G20 dengan format tatap muka akan diadakan di Bali pada 15 dan 16 November 2022. Indonesia adalah presidensi KTT G20 tahun ini. Fokus tuan rumah adalah pemulihan ekonomi global paska-pandemi, dengan prioritas bidang kesehatan, transformasi digital, dan transisi energi.

Pertemuan kepala negara anggota G20 kali ini dibayangi oleh krisis global di sektor pangan dan energi, yang dipicu oleh perang Ukraina. Dalam sejumlah pertemuan tingkat menteri, beberapa negara Barat yang dipimpin Amerika Serikat mengecam dengan keras invasi Rusia ke Ukraina serta dampaknya terhadap krisis pangan dan energi.

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya telah dipastikan tidak akan menghadiri KTT G20 Bali secara tatap muka. Delegasi Rusia akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Isu Ukraina tetap akan menjadi perhatian di KTT G20 Bali. Gedung Putih menyebut Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menyerukan agar negara-negara anggota G20 mengecam invasi Rusia ke Ukraina.

Indonesia sebagai ketua G20 tahun ini tidak bisa mendepak Rusia dari pertemuan-pertemuan G20 karena alasan preseden keanggotaan. Semua keputusan di forum ekonomi itu, juga diputuskan dengan konsensus.

Sebelumnya The Daily Telegraph, seperti dilansir TASS, mewartakan, Uni Eropa dan Inggris akan melakukan pemogokan saat delegasi Rusia berbicara di KTT G20.

"Inggris tidak tertarik untuk berkoordinasi dengan Uni Eropa mengenai kebijakan luar negeri secara umum tetapi dalam masalah ini, kami memiliki tujuan yang sama dan saling memperkuat upaya kami," kata juru bicara dari layanan urusan luar negeri Uni Eropa, yang namanya dirahasiakan, dikutip Sabtu, 12 November 2022.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel