-->

Para Pejabat Korsel Minta Maaf atas Tragedi Halloween di Itaewon


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Sejumlah pejabat Korea Selatan meminta maaf atas tragedi yang terjadi saat pesta Halloween di Itaewon, Seoul. Salah satunya adalah Komisaris Jenderal Polisi Korea Selatan Yoon Hee-keun.

Pada Selasa, 1 November 2022, dia meminta maaf atas insiden di Itaewon yang menyebabkan 156 orang tewas dan 151 lainnya luka-luka. Yoon mengatakan bahwa tanggapan polisi terhadap bencana itu tidak memadai.

"Saya merasakan tanggung jawab yang berat, sebagai kepala salah satu kantor pemerintah terkait," kata Yoon dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, Selasa, 1 November 2022.

Yoon mengatakan Badan Kepolisian Nasional sedang mencari tahu bagaimana petugas di lapangan menangani lonjakan massa. Selain itu fakta bahwa layanan darurat menerima sejumlah panggilan yang memperingatkan tentang keseriusan petugas saat situasi memburuk. Yoon mengatakan tanggapan polisi terhadap panggilan darurat itu tidak cukup.

"Saya akan melakukan yang terbaik untuk mencegah kejadian tragis seperti itu terjadi lagi di masa depan sambil sekali lagi merasakan tanggung jawab tak terbatas untuk keselamatan publik melalui kecelakaan ini," kata. Selama konferensi pers, Yoon membungkuk meminta maaf.

Pejabat lain, termasuk walikota Seoul dan menteri dalam negeri Korea Selatan, juga menyampaikan permintaan maaf kepada publik. Walikota Seoul Oh Se-hoon meneteskan air mata selama konferensi pers.

"Ketika saya mencoba menghibur seseorang dengan seorang anak perempuan yang dirawat di National Medical Center kemarin, mereka mengatakan bahwa anak perempuan mereka akan selamat, dan mereka percaya begitu," kata walikota seperti dikutip oleh Associated Press. "Saya mendengar dia meninggal pagi ini. Saya minta maaf karena permintaan maaf saya datang terlambat."

Pada pertemuan Majelis Nasional, Menteri Dalam Negeri Lee Sang-min mengatakan, "Sangat menyedihkan bagi saya sebagai seorang ayah yang memiliki putra dan putri. Sulit untuk mengungkapkan dengan kata-kata betapa tidak nyatanya situasi ini, dan sulit untuk menerima situasi ini," ujarnya dilansir oleh BBC News.

Polisi telah meluncurkan gugus tugas 475 orang untuk menentukan penyebab bencana, menyisir video kamera keamanan dan mewawancarai saksi. Mereka mengatakan bahwa panggilan darurat pertama datang pada pukul 18:34 waktu setempat, beberapa jam sebelum penyerbuan maut dimulai, dan ada 10 panggilan lainnya selama beberapa jam berikutnya.

Dalam perayaan Halloween itu, hanya 137 petugas yang diterjunkan. Jumlah itu sangat sedikit dibandingkan massa yang datang yang diperkirakan mencapai 100.000 orang itu.

Mayoritas dari mereka yang tewas dalam tragedi itu berusia 20-an dan 30-an, dan 26 adalah warga negara asing, termasuk dua mahasiswa AS. Korban lainnya berasal dari Rusia, Iran, dan Jepang.

Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo mengatakan para korban warga negara asing harus menerima dukungan pemerintah yang sama seperti warga Korea Selatan.  Han mengatakan pemerintah sedang menyelidiki dan mengakui bahwa perubahan harus dilakukan. Namun dia bersikeras bahwa Korea Selatan adalah negara yang sangat aman. Bencana itu adalah peristiwa yang sangat tidak biasa.

"Jika kami memiliki beberapa teknik manajemen kerumunan preemptive, mengantisipasi semua masalah yang bisa terjadi sebelumnya, itu mungkin sangat baik bagi kami," kata Han. "Tapi kali ini, saya membaca bahwa ada beberapa kekurangan dalam hal itu."

Analis mengatakan bencana itu bisa dihindari, bahkan dengan hanya sejumlah kecil petugas polisi. “Manajemen kerumunan yang baik dan aman bukan tentang rasio, tetapi tentang strategi kerumunan – untuk kapasitas, aliran, kepadatan kerumunan yang aman,” kata G Keith Still, profesor sains kerumunan di University of Suffolk.

Pakar Korea Selatan Lee Young-ju mengatakan bahwa jika polisi setempat tahu mereka kekurangan tenaga, maka bisa mencari bantuan dari pihak berwenang setempat atau bahkan penduduk dan pemilik toko saat perayaan Halloween di Itaewon. “Ini bukan hanya angka,” ujar Lee, seorang profesor dari Departemen Kebakaran dan Bencana di Universitas Seoul.

“Pertanyaannya adalah, bagaimana mereka mengatur dengan jumlah (polisi) yang terbatas dan tindakan apa yang mereka ambil untuk menebusnya.” (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel