-->

Mahfud MD akan Hadiri Konferensi Kerukunan antar Agama di India


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI akan bertolak ke Delhi, India pada Minggu depan untuk menghadiri konferensi mengenai kerukunan antaragama. Mahfud berangkat ke India bersama sejumlah ulama berpengaruh dari Indonesia.

Rencananya, konferensi mengenai kerukunan antaragama akan digelar pada 28 November 2022, di mana para ulama Indonesia akan berinteraksi dengan sesama ulama dari India. Diskusi akan digelar dengan tema ‘Peran Ulama dalam membina budaya perdamaian antaragama dan kerukunan sosial di India dan Indonesia’.

“Ulama memainkan peran yang sangat penting dalam masyarakat Islam dan tujuan dari diskusi tersebut adalah untuk menyatukan pandangan ulama dan pemuka agama dari India dan Indonesia demi memajukan kerja sama untuk mempromosikan toleransi, harmoni dan koeksistensi damai dan melawan ekstremisme dan radikaalisasi kekerasan,” demikian diwartakan kantor berita ANI.

Dari kiri: Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, Menko Polhukam Mahfud Md, Mustasyar PBNU KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus), dan Cendekiawan Muslim yang juga mantan Menlu Alwi Shihab, menghadiri peringatan Haul ke-10 Gus Dur di Ciganjur, Jakarta, Sabtu malam, 28 Desember 2019. Acara yang digelar untuk memperingati sepuluh tahun wafatnya Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid. ANTARA/Asprilla Dwi Adha

Total ada tiga sesi dalam diskusi tersebut. Pertama tentang ‘Islam: Kesinambungan dan Perubahan’, kedua tentang ‘Harmonisasi antar umat beragama: Praktek dan Pengalaman’. Terakhir, tentang ‘Melawan Radikalisasi dan Ekstremisme di India dan Indonesia’.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan ulama dari Indonesia juga akan berinteraksi dengan para pemimpin dari agama lain. Penasihat Keamanan Nasional India, Ajit Doval, dijadwalkan memberikan pidato pembukaan dan pidato penutupan dalam acara itu. Bakal dibuat pula  pernyataan bersama yang akan diterbitkan pada akhir diskusi.

Doval sudah pernah kunjungan kerja ke Indonesia untuk melakukan dialog keamanan Indo-Indonesia ke-2 pada Maret 2022. Kehadiran Mahfud dalam konferensi mengenai kerukunan antaragama ini, di antaranya atas undangan Doval.

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki populasi Muslim terbesar di dunia. Sedangkan  India adalah rumah bagi jumlah Muslim terbesar kedua di dunia. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel