-->

Lloyd Austin Beri Peringatan pada China-Rusia di Forum Keamanan Internasional


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada Sabtu (19/11) memperingatkan bahwa China dan Rusia menginginkan dunia yang menggunakan kekuatan untuk mengatasi sengketa. Ia berjanji Amerika Serikat (AS) akan terus membela prinsip-prinsip kemanusiaan dan hukum internasional.

"Beijing, seperti Moskow, menginginkan dunia di mana yang kuat adalah yang benar, di mana sengketa diatasi dengan kekuatan, dan di mana ​autokrat bisa memadamkan api kebebasan," kata Austin dalam Forum Keamanan Internasional Halifax di Kanada.

Perang Moskow melawan Kyiv "telah menggarisbawahi tantangan yang kita hadapi di Indo-Pasifik, di mana (China) juga mendorong sesuatu yang sangat jauh dari visi kami akan sistem internasional yang bebas, stabil dan terbuka," kata Austin.

Austin juga mengatakan upaya Moskow untuk menggalang dukungan dari negara-negara seperti Iran dan Korea Utara menciptakan tantangan keamanan baru bagi AS dan sekutu-sekutunya.

"Rusia beralih ke Iran dan Korea Utara untuk membantu menyerang Ukraina, termasuk menggunakan drone Iran untuk membunuh warga sipil Ukraina," katanya.

Washington mengatakan personel Iran ada di Krimea untuk membantu Rusia melancarkan serangan drone terhadap Ukraina. Teheran membantah tuduhan tersebut. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel