-->

Korea Utara Kembali Tembak 4 Rudal Balastik Jarak Pendek


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Ketegangan di semenanjung Korea belum mereda. Korea Utara kembali menembakkan empat rudal balistik jarak pendek ke laut barat pada Sabtu pagi, 5 November 2022. Menurut militer Korea Selatan, rudal terbang sejauh sekitar 130 kilometer dengan ketinggian sekitar 20 kilometer.

Korea Utara telah meluncurkan serangkaian rudal pekan ini, termasuk kemungkinan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang gagal. Serangan itu dikecam oleh Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang dan meningkatkan spekulasi Korea Utara bisa bersiap kembali melakukan uji coba nuklir untuk pertama kalinya sejak 2017.

Peluncuran kali ini dilakukan antara pukul 11.31 dan 11.59 waktu setempat dan dilakukan ketika Amerika Serikat dan Korea Selatan menyelesaikan latihan bersama enam hari bertajuk Vigilant Storm yang dimulai pada 31 Oktober lalu.

Menurut Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan, latihan militer gabungan itu melibatkan sekitar 240 pesawat militer dan dua pengebom strategis Amerika B-1B.

Ini adalah pertama kalinya B-1B dikerahkan dalam latihan Amerika Serikat-Korea Selatan sejak 2017, yang menunjukkan kemampuan pertahanan gabungan dan tekad kedua negara untuk secara tegas menanggapi setiap provokasi dari Korea Utara. Amerika juga berkomitmen kuat memperpanjang pencegahan.

Pyongyang pada hari Jumat menuntut agar Amerika Serikat dan Korea Selatan menghentikan latihan udara yang provokatif. Korea Selatan menyatakan pihaknya mengerahkan pesawat tempur sebagai tanggapan atas 180 penerbangan militer Korea Utara di dekat perbatasan kedua negara itu pada hari Jumat.

Pada Rabu lalu, Korea Utara menembakkan rekor harian 23 rudal, dengan satu rudal mendarat di lepas pantai Korea Selatan untuk pertama kalinya. Ini merupakan rekor penembakan terbanyak dalam sehari.

Dalam beberapa tahun terakhir, Dewan Keamanan PBB telah terpecah perihal menangani Korea Utara. Pada Mei lalu, Cina dan Rusia memveto dorongan pimpinan Amerika untuk menjatuhkan lebih banyak sanksi PBB sebagai tanggapan atas peluncuran rudal Korea Utara.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel