-->

Kamala Harris Sebut AS akan Bantu Thailand Kembangkan Reaktor Nuklir Kecil


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Amerika Serikat (AS) akan membantu Thailand mengembangkan tenaga nuklir melalui reaktor nuklir kecil kelas baru. Hal ini diungkapkan Wakil Presiden AS Kamala Harris sebagai bagian dari program yang ditujukan untuk memerangi perubahan iklim, dalam kunjungan pada Sabtu 19 November 2022.

Gedung Putih mengatakan bantuan tersebut merupakan bagian dari Net Zero World Initiative, sebuah proyek yang diluncurkan pada KTT iklim Glasgow tahun lalu. AS bermitra dengan sektor swasta dan dermawan untuk mempromosikan energi bersih.

Thailand tidak memiliki tenaga nuklir, dengan keprihatinan publik menyusul bencana nuklir Fukushima pada 2011 di Jepang.

Gedung Putih mengatakan akan menawarkan bantuan teknis kepada negara Asia Tenggara itu untuk menyebarkan teknologi pengembangan reaktor modular kecil, yang dibuat oleh pabrik dan portabel. Reaktor semacam itu umumnya dianggap lebih aman, karena tidak memerlukan campur tangan manusia untuk dimatikan dalam keadaan darurat.

“Kami benar-benar berharap dapat bekerja sama dengan Thailand untuk memanfaatkan manfaat dari reaktor modular kecil dan sumber energi bersih yang andal,” kata seorang pejabat senior AS yang bepergian dengan Harris, berbicara tanpa menyebut nama.

Sebuah pernyataan Gedung Putih mengatakan bahwa para ahli AS akan bekerja dengan Thailand dalam pembangunan reaktor. “Reaktor ini akan memiliki standar keselamatan, keamanan dan nonproliferasi tertinggi.”

Saingan AS—China, Rusia dan Argentina--juga sedang mengembangkan reaktor modular kecil, yang prototipenya sedang dalam tahap desain.

Gedung Putih tidak memberikan batas waktu, tetapi mengatakan akan mendukung Thailand. Negara Gajah Putih ini sangat rentan terhadap perubahan iklim dan berniat menjadi netral karbon pada 2065.

Harris, yang mengunjungi sekutu AS untuk KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), akan membahas inisiatif tenaga nuklir dalam pertemuan Sabtu malam dengan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-O-Cha.

Gedung Putih juga mengumumkan inisiatif dengan Thailand untuk meningkatkan keamanan internet generasi kelima. Selain itu, juga dibahas proyek untuk membangun pusat perawatan kanker “kelas dunia” di provinsi Chonburi timur.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel