-->

Jokowi Minta Joe Biden Fleksibel saat Bahas Leaders Declaration KTT G20


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini telah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, menjelang acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Bali pada 15-16 November. Jokowi berterima kasih atas dukungan Biden terhadap Presidensi G20 Indonesia.

"Saya harapkan fleksibilitas Amerika Serikat dalam pembahasan deklarasi," kata Jokowi dalam keterangan pers usai serangkaian pertemuan bilateral hari ini, Senin, 14 November.

Jokowi menegaskan bahwa kerja sama ekonomi yang konkret harus diperkuat. Termasuk lewat partnership for global infrastructure and investment dan Indo Pacific Economic Framework.

"Kami mendorong peran Amerika Serikat mewujudkan perdamaian dan kemakmuran di Indo Pasifik," kata Jokowi.

Sebelumnya dalam pertemuan hari ini, Joe Biden telah menyampaikan beberapa hal saat bertemu Jokowi. Salah satunya, Biden mengumumkan bahwa mereka telah memfinalisasi kerja sama terbaru melalui Millennium Challenge Corporation.

"Untuk berinvestasi hampir US$ 700 juta dalam mengembangkan infrastruktur dan transportasi yang berkualitas di sini, di Indonesia," kata dia.

Lalu pada Selasa besok, kata Biden, mereka akan memperkenalkan kerja sama terbaru untuk mendukung transisi energi bersih di Indonesia.

Setelah Biden, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Jokowi menyampaikan harapan ke Kishida agar Jepang mendukung perluasan akses pasar buah-buahan tropis Indonesia. "Serta mendorong penyelesaian proyek-proyek strategis infrastruktur, termasuk MRT Jakarta," kata Jokowi.

Kemudian, Jokowi lanjut bertemu  Presiden Komisi Eropa Ursula Gertrud von der Leyen, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Perdana Menteri Anthony Albanese.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel