-->

Jokowi dan Xi Jinping akan Gelar Pertemuan Bilateral di KTT G20


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Cina Xi Jinping dijadwalkan bakal melakukan pembicaraan formal atau pertemuan bilateral dengan Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Bali. Hal tersebut disampaikan oleh Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina (MFA) Zhao Lijian.

"Ini adalah pertemuan kedua antara kedua presiden setelah kunjungan Presiden Joko Widodo ke Cina pada Juli tahun ini," ujar Zhao, Jumat, 11 November 2022.

Ia menjelaskan Cina dan Indonesia adalah negara berkembang yang memiliki kepentingan besar dan luas untuk dikerjasamakan. Oleh karena itu, di bawah bimbingan strategis kedua presiden, Cina dan Indonesia semakin memperkuat pola baru dalam hubungan bilateral.

"Yang digerakkan oleh kerja sama politik, ekonomi, budaya, dan maritim," kata Zhao.

Kerja sama Cina dengan Indonesia pun, menurut dia, telah menjadi contoh yang baik bagi negara-negara berkembang lainnya.

Zhao menyebutkan Cina berharap bisa terus bekerja sama dengan Indonesia dalam meningkatkan rasa saling percaya dan proyek pembangunan berkualitas. "Dalam kerangka Belt and Road Initiative," katanya.


Dalam kaitannya dengan KTT G20 di Bali ini, ia menyatakan, Cina mendukung Presidensi G20 Indonesia, yang mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger" atau "Pulih Bersama, Pulih Lebih Kuat'.

"Kami berharap semua pihak akan bekerja untuk membangun konsensus dan memajukan kerja sama dalam mendorong pemulihan ekonomi global dan mengimplementasikan Agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan," ucap Zhao.

Adapun Xi Jinping dijadwalkan menghadiri KTT G20 di Bali pada 14-17 November 2022. Setelah dari Bali, Xi akan melanjutkan lawatannya ke Bangkok, Thailand, untuk menghadiri KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) pada 17-19 November 2022.

Kunjungan Xi ke Indonesia ini adalah kehadiran pertamanya dalam forum pertemuan multilateral antarkepala negara setelah Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis Cina (CPC) di Beijing pada Oktober. Sebelumnya, Xi Jinping terakhir kali melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 2013 lalu.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel