-->

Hakim New York Tetapkan Tanggal untuk Persidangan Kasus Penipuan Donal Trump


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Donald Trump dan tiga anak tertuanya akan diadili pada akhir tahun depan dalam gugatan perdata yang diajukan oleh jaksa agung New York yang menuduh mereka melakukan penipuan. Demikian putusan seorang hakim yang dikeluarkan pada Selasa (22/11).

Hakim Arthur Engoron dari Mahkamah Agung Manhattan menetapkan 2 Oktober 2023 sebagai tanggal persidangan kasus yang menuduh Trump dan anggota keluarganya telah keliru dalam menyatakan nilai properti guna memperkaya diri.

Persidangan itu - dan sejumlah kasus penyelidikan kriminal, perdata dan kongres yang dihadapi Trump - kemungkinan akan memperumit jalan bagi sang mantan presiden untuk mencalonkan diri kembali untuk masa jabatan kedua, yang ia umumkan pekan lalu.

Tanggal tersebut, yang kemungkinan besar akan coba ditunda oleh pengacara Trump, akan mendekati awal musim pemilihan pendahuluan untuk pencalonan presiden dari Partai Republik untuk pemilu 2024.

Jaksa Agung New York Letitia James menggugat Trump, Donald Trump Jr, Eric Trump, Ivanka Trump dan Trump Organization pada September dengan tuduhan berbohong kepada pemungut pajak, pemberi kredit, dan perusahaan asuransi selama bertahun-tahun. Menurut James, mereka telah memberi pernyataan palsu tentang kekayaan bersih dan penilaian palsu tentang aset Trump "untuk mendapatkan dan memenuhi syarat kredit, mendapat tunjangan asuransi, dan membayar pajak yang lebih rendah."

James, yang merupakan anggota Partai Demokrat, telah meminta Trump membayar penalti setidaknya $250 juta - jumlah yang dia katakan didapat Trump dari penipuan itu. Ia juga meminta keluarganya dilarang menjalankan bisnis di negara bagian New York.

Kantor James tidak berwenang mengajukan tuntutan pidana dalam kasus ini.

Trump, 76, mengatakan gugatan itu bermotif politik. Dia telah berulang kali mencoba untuk mengacuhkannya. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel