-->

Hadiri Nusantara Satu, Jokowi Sebut Relawan Jangan Pilih Pemimpin yang Hanya Senang di Istana


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mewanti-wanti relawannya agar tidak memilih calon presiden 2024 yang tidak senang turun ke lapangan. Pesan ini dia sampaikan saat menghadiri temu relawan di acara Nusantara Satu, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Sabtu, 26 November 2022.

"Jangan sampai, jangan sampai, jangan sampai, kita memilih pemimpin yang nanti hanya senangnya, hanya duduk di Istana yang di AC-nya dingin. Jangan sampai, saya ulangi, jangan sampai kita memilih pemimpin yang senang duduk di Istana yang AC-nya sangat dingin," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, Indonesia merupakan negara yang sangat besar. Oleh karena itu, ia meminta rakyat memilih calon presiden yang mau turun ke lapangan dan bertemu dengan rakyat.

"Ini negara besar, jangan hanya duduk manis di Istana Presiden. Cari lah, saya ingatkan, cari lah pemimpin yang senang dan turun ke bawah, yang mau merasakan keringatnya rakyat," kata Jokowi.
Beri Sinyal ke Ganjar Pranowo

Menurut Jokowi, ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyatnya terlihat dari wajahnya. Ia mengatakan pemimpin yang baik terlihat dari banyaknya keriput pada wajah dan rambut yang memutih akibat memikirkan rakyat.

"Jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya, kalau wajahnya cling bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga rambut-rambutnya, kalau rambutnya putih semua, ini mikir rakyat ini," kata Jokowi diikuti tepuk tangan dari ribuan relawan yang memadati GBK.

Meski sudah menyebut ciri-ciri capres pilihannya secara spesifik, Jokowi dalam acara itu tidak menyebut nama tokoh. Beberapa relawan yang hadir banyak meneriakan nama Ganjar Pranowo, karena memiliki kesamaan ciri-ciri dengan yang Jokowi sebutkan.
Sinyal sebelumnya ke Ganjar

Acara Nusantara Bersatu ini merupakan realisasi janji Jokowi sebelumnya yang menyatakan akan menggelar pertemuan dengan seluruh kelompok relawan di Jakarta pada akhir tahun 2022.

Janji tersebut sempat dilontarkan Jokowi saat menghadiri acara Rapat Kerja Nasional kelompok relawan Pro Jokowi (Projo) di Jawa Tengah Mei lalu. Saat itu, Jokowi meminta relawan untuk bersabar soal siapa calon presiden yang akan dia dukung pada Pilpres 2024.

Meskipun demikian, dalam acara tersebut, Jokowi juga sempat memberi sinyal dukungan kepada Ganjar Pranowo.

Ketua panitia yang juga Staf Khusus Jokowi, Aminuddin Ma'ruf menyebut jumlah relawan yang hadir dalam acara Nusantara Bersatu mencapai 150 ribu orang. Mereka berasal dari sejumlah organ relawan Jokowi yang tersebar di berbagai daerah.

Aminuddin menyebut para relawan juga akan deklarasi risalah nusantara oleh perwakilan dari setiap provinsi. Deklarasi ini dibacakan karena para relawan ingin satu komando di bawah arahan Jokowi menuju Indonesia Emas 2045. Meskipun demikian, Aminuddin menyatakan tak akan ada deklarasi soal dukungan kepada calon yang akan mereka usung di Pilpres 2024 pada acara Nusantara Bersatu ini. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel