-->

G7 Minta PBB Ambil Langkah Serius terkait Rudal Korea Utara


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Kelompok Tujuh atau G7 pada Minggu, 20 November 2022, menyerukan Dewan Keaman PBB untuk mengambil langkah signifikan dalam menanggapi peluncuran rudal balistik antarbenua terbaru oleh Korea Utara atau rudal Korut. "Tindakan (Korea Utara) menuntut tanggapan yang bersatu dan kuat dari komunitas internasional," bunyi pernyataan menteri luar negeri grup yang terdiri dari Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Jerman, Inggris, Prancis, dan Italia.

Korea Utara menembakkan rudal balistik antarbenua pada Jumat, 18 November 2022, beberapa saat menjelang pembukaan KTT APEC yang digelar di Thailand. Amerika Serikat dan sekutu yang tengah berada di Bangkok mengadakan pertemuan darurat untuk membahas peluncuran rudal tersebut. Mereka, juga PBB mengecam Pyongyang.

Dewan Keamanan PBB =akan membahas Korea Utara dalam pertemuan pada Senin, 21 November 2022, atas permintaan Amerika Serikat, menyusul serangkaian peluncuran uji coba rudal terbaru tersebut. G7 menyatakan uji coba rudal Korea Utara kemarin merupakan tindakan sembrono dan pelanggaran yang jelas terhadap resolusi PBB. Negara-negara industri utama itu juga menegaskan Korea Utara tidak dapat dan tidak akan pernah memiliki status dari negara senjata nuklir.

"Rangkaian peluncuran rudal balistik yang melanggar hukum yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dilakukan oleh (Korea Utara) pada 2022, menimbulkan ancaman serius bagi perdamaian dan keamanan regional dan internasional," kata pernyataan G7.

Sebelum meluncurkan rudal balistik yang dapat mencapai daratan Paman Sam, Pyongyang telah memperingatkan akan memberikan tanggapan militer yang lebih keras terhadap Washington. Sementara Amerika Serikat mengklaim telah meningkatkan kerja sama pertahanan di kawasan bersama Korea Selatan dan Jepang karena dipicu langkah agresif Korea Utara.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel