-->

SMP Negeri 11 Jayapura Terapkan PBM Tatap Muka 100 Persen

SMP Negeri 11 Jayapura Terapkan PBM Tatap Muka 100 Persen

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 11 Jayapura di Kota Jayapura, Provinsi Papua menerapkan Proses Belajar Mengajar (PBM) secara tatap muka 100 persen di Tahun Ajaran 2022/2023 sejak 19 Juli 2022.

“Masuk pembelajaran baru sejak 18 Juli dan ditanggal 19 Juli PBM jalan sampai sekarang. Di masa libur dan penerimaan siswa baru, kurikulum sudah diperintahkan menyiapkan jadwal pembelajaran dan sebagainya,” kata Kepala Sekolah (Kepsek) Beatriks Sinon, S.Pd kepada Lelemuku.com pada Selasa, 18 Oktober 2022.

Ia menjelaskan Pihaknya menggunakan kurikulum merdeka belajar berubah, dimana pelaksanaan implementasi pada siswa kelas VII. Tindakan dari kurikulum tersebut adalah tuntutan penguatan profil pelajaran Pancasila dengan kegiatan projek bertemakan ‘Gaya Hidup Berkelanjutan’ dan ‘Kearifan Lokal’.

Selanjutnya, terkait dengan kegiatan ekstrakulikuler, para siswa diajak terlibat dalam 3 kegiatan, yaitu gerakan Praja Muda Karana (Pramuka), Palang Merah Remaja (PMR), dan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

“Itu tiga kegiatan yang terprogram. Namun ada kegiatan-kegiatan lain juga, seperti seni dan olahraga. Ada guru-guru pendamping dan akan muncul apabila undangan perlombaan dan sebagainya,” sebut Beatriks.

Sebelumnya sekolah tersebut menerapkan PBM secara Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring) diakibatkan mewabahnya Pandemi Corona Virus (Covid-19) sejak 17 Maret 2020, dimana sekolah diintruksikan belajar dari rumah.  

“Saat itu kami diberikan bantuan dari FKUB ada masker sesuai jumlah siswa sekitar 10 karton yang isinya masing-masing 50 dos. Masih terpakai sampai hari ini dan tersedia. Kami terapkan mencuci tangan, jaga jarak, pakai masker, bahkan peralatan suhu tubuh yang dipegang dan berdiri semua baik,” ungkap dia.

Jumlah siswa SMP Negeri 11 Jayapura berjumlah 624 orang, terdiri dalam 21 Rombongan Belajar (Rombel), dan tiap tingkatan ada 7 rombel dengan masing-masing berjumlah sekitar 32 orang.

Sementara, kegiatan vaksinasi di sekolah dengan alamat Jalan Kampwolker Perumnas 3, Kelurahan Yabansai, Distrik Heram itu sudah dilaksanakan sebanyak 3 kali.

Pemberian vaksin untuk membantu sistem imun para siswa bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Waena dan Kepolisian Daerah (Polda) Papua. Hampir 78 persen siswa telah mendapatkan vaksinasi Covid-19. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel