-->

Rishi Sunak akan Bertemu Joe Biden di KTT G20 Bali


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak berencana untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di sela acara konferensi tingkat tinggi atau KTT G20 di Bali pada pertengahan November mendatang. Downing Street mengkonfirmasi ini setelah kedua pemimpin berkomunikasi via telepon pada Selasa, 25 Oktober 2022.

Juru Bicara Kantor PM Inggris menyebutkan bahwa Rishi Sunak dan Joe Biden dalam percakapannya membahas kerangka hubungan AS-Inggris, baik secara bilateral atau pun di kawasan Indo-Pasifik. Kedua negara disatukan oleh pakta AUKUS di Indo-Pasifik untuk melawan pengaruh Cina.

Keduanya juga sepakat memastikan orang-orang Irlandia Utara memiliki keamanan dengan melestarikan Perjanjian Belfast (Jumat Agung).

KTT G20 dengan format tatap muka akan diadakan di Bali, pada 15 dan 16 November 2022. Fokus presidensi Indonesia tahun ini adalah pemulihan ekonomi global paska-pandemi, dengan prioritas bidang kesehatan, transformasi digital, dan transisi energi.

Namun, pertemuan kepala negara anggota G20 kali ini dibayangi oleh krisis global di sektor pangan dan energi, yang dipicu oleh perang Rusia Ukraina.

Rishi Sunak baru saja diresmikan sebagai Perdana Menteri Inggris pada Selasa, 25 Oktober 2022. Dia menggantikan Liz Truss setelah pergolakan ekonomi yang disebabkan oleh kebijakan pemotongan pajak.

Presiden AS Joe Biden sebelumnya mengomentari terpilihnya Rishi Sunak sebagai Perdana Menteri Inggris. Pada Senin, 24 Oktober 2022, Biden menyebut penunjukan Rishi Sunak, sebagai orang kulit berwarna pertama yang memegang jabatan perdana menteri, adalah sebagai tonggak terobosan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel