-->

Ribuan Warga Belanda Gelar Aksi Solidaritas untuk Dukung Para Demonstran di Iran


AMSTERDAM, LELEMUKU.COM - Ribuan orang menggelar aksi solidaritas di Den Haag pada Sabtu (8/10) untuk mendukung para demonstran di Iran yang telah turun ke jalan sejak kematian Mahsa Amini dalam tahanan polisi. Perempuan 22 tahun itu ditangkap karena dituduh melanggar aturan berbusana yang sangat ketat di Republik Islam itu.

Para demonstran berkumpul di sebuah taman kota, mengibarkan bendera dan mengangkat poster bertuliskan "Tolak hijab paksa di Iran," "Keadilan tidak bisa menunggu" dan "Stop pertumpahan darah di Iran." Beberapa anggota parlemen dari partai-partai di seluruh spektrum politik Belanda juga hadir.

Demonstrasi pada Sabtu (8/10) itu dilakukan menyusul protes-protes anti-pemerintah di seluruh Iran yang dipicu oleh kematian Amini.

Sejumlah demo di Iran telah memicu aksi solidaritas di seluruh Eropa, termasuk oleh perempuan yang menggunting rambut mereka, seperti yang dilakukan para perempuan Iran.

Skala dari demonstrasi di Iran dan penindakan keras pemerintah belum jelas. Menurut perhitungan Associated Press menunjukkan ada sedikitnya 1.900 penangkapan terkait protes-protes itu. Demonstrasi dilaporkan terjadi di sedikitnya 50 kota dan desa di Iran.

Stasiun TV milik pemerintah mengisyaratkan sedikitnya 41 orang telah tewas dalam berbagai unjuk rasa hingga 24 September. Hampir dua minggu setelahnya, masih belum ada informasi terbaru dari pemerintah. Para aktivis hak-hak asasi manusia (HAM) mengatakan jumlah korban tewas lebih banyak. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel