-->

PM Larvia, Krisjanis Karins Dipastikan akan Menang Pemilu Nasional


RIGA, LELEMUKU.COM - Partai Persatuan baru pimpinan Perdana Menteri Latvia Krisjanis Karins yang berhaluan sentris, dipastikan akan memenangkan pemilu nasional pada Sabtu (1/10), menurut jajak pendapat keluar tempat pemungutan suara atau exit poll.

Perkembangan itu terjadi setelah kampanye yang didominasi kekhawatiran akan keamanan pasca invasi Rusia ke Ukraina.

Apabila hasil pemilu terkonfirmasi, Latvia bersama dengan negara-negara tetangganya di Baltik — Lithuania dan Estonia — menjadi suara utama dalam mendorong Uni Eropa untuk mengambil sikap yang tegas terhadap Rusia.

Namun, kemenangannya juga bisa memperluas keretakan antara mayoritas Latvia dan minoritas warga yang berbahasa Rusia di negara itu, mengenai posisi mereka dalam masyarakat, di tengah kemarahan nasional terkait aksi Moskow di Ukraina.

Karins, kepala pemerintah Latvia pertama yang menjalani jabatan empat tahun, adalah pemegang kewarganegaraan ganda Latvia dan AS. Ia mendapat untung dari kebijakan Moskow, yang membatasi masuknya warga negara Rusia yang pernah melakukan perjalanan dari Rusia dan Belarus.

"Kami telah mengetahui politik Rusia selama bertahun-tahun, kami telah berusaha memperingatkan tetangga-tetangga kami selama bertahun-tahun sebelum perang dimulai," kata Karins kepada para wartawan setelah exit poll diterbitkan.

"Kami akan terus berinvestasi ke pertahanan kami ... untuk menjamin agar Latvia dan kawasan Baltik tetap aman di masa depan seperti hari ini."

Exit poll A LETA/LSM menunjukkan Persatuan Baru meraih 22,5%, dua kali suara lebih banyak dari saingannya. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel