-->

Pejabat Denmark Konfirmasi Kerusakan Pipa Gas Nord Stream di Laut Baltik


KOPENHAGEN, LELEMUKU.COM - Sejumlah pejabat Denmark, Selasa (18/10), mengonfirmasi bahwa telah terjadi “kerusakan luas” pada pipa gas Nord Stream 1 dan 2 di Laut Baltik di lepas pantai Denmark dan bahwa penyebab kerusakan adalah “ledakan kuat''.

Dalam sebuah pernyataan, Polisi Kopenhagen mengatakan telah melakukan sejumlah penyelidikan awal atas apa yang disebutnya sebagai tempat kejadian perkara dengan bantuan Angkatan Bersenjata Denmark dan beberapa badan penegak hukum lain, termasuk Dinas Keamanan dan Intelijen Denmark.

Dinas intelijen tersebut dan polisi telah memutuskan untuk membentuk kelompok investigasi gabungan yang akan menangani penyelidikan lebih lanjut atas insiden tersebut, kata polisi, seraya menambahkan bahwa “tidak mungkin untuk mengatakan kapan penyelidikan dapat diharapkan selesai.”

Awal bulan ini, badan keamanan dalam negeri Swedia mengatakan penyelidikan awal atas dua kebocoran lebih lanjut di dekat pantainya “telah memperkuat kecurigaan sabotase serius” dan seorang jaksa mengatakan bukti di lokasi itu telah disita.

Surat kabar Swedia Expressen, Selasa, menerbitkan apa yang diklaimnya sebagai video kerusakan pipa di lepas pantai Swedia dan mengatakan bahwa setidaknya 50 meter pipa logam tampaknya hilang.

Keempat kebocoran tersebut terjadi di perairan internasional namun berada di zona ekonomi eksklusif Denmark dan Swedia. Jaringan pipa Nord Stream yang rusak mengeluarkan sejumlah besar metana, gas rumah kaca yang kuat, ke udara selama beberapa hari. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel