-->

Misuzulu Zulu Dinobatkan Sebagai Pemimpin Kerajaan Tradisional di Afrika Selatan


PRETORIA, LELEMUKU.COM - Seorang Raja Zulu baru resmi dinobatkan sebagai pemimpin kerajaan tradisional paling berpengaruh di Afrika Selatan. Ia naik takhta dalam upacara penuh warna yang dihadiri puluhan ribu orang pada Sabtu (29/10).

Di Kota Durban, Presiden Cyril Ramaphosa menyerahkan sebuah sertifikat berbingkai besar yang mengakui Misuzulu Zulu, 48 tahun, sebagai pemimpin kerajaan yang baru.

"Raja kita, adalah resmi Raja bangsa Zulu dan satu-satunya raja bangsa Zulu," kata Ramaphosa, disambut tepukan meriah dari 85.000 orang yang memenuhi stadion sepak bola.

Raja itu berjanji untuk mengedepankan "perdamaian dan rekonsiliasi" dan menjadi "katalis" bagi pembangunan.

Penobatan pemimpin kerajaan terkaya di negara itu dilakukan setelah sengketa selama setahun terkait suksesi kerajaan yang merembet hingga ke pengadilan.

Misuzulu menaiki tahta yang pernah diduduki oleh mendiang ayahnya, Goodwill Zwelithini, yang wafat pada Maret 2021, setelah lebih dari 50 tahun bertahta. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel