-->

KM Cantika Expres 77 Terbakar di Perairan Kupang, 14 Orang Meninggal Dunia


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kupang, Nusa Tenggara Timur, I Putu Sudayana dalam pembicaraan dengan VOA mengatakan setidaknya 14 orang meninggal dunia dalam kecelakaan Kapal Cepat Express Cantika 77. Kapal itu terbakar di perairan Naikliu, Kabupaten Kupang pada Senin (24/10), pukul 13.00 WITA, saat sedang berlayar dari Kupang menuju Kalabahi, Kabupaten Alor.

“Jadi untuk jumlah penumpang yang sudah kita evakuasi itu berjumlah 291 orang dengan rincian 277 selamat, 14 orang meninggal,” kata I Putu Sudayana, ketika dihubungi pada Senin (24/10) malam.

Tim penyelamat gabungan bersama nelayan setempat bekerja keras untuk menyelamatkan para penumpang yang terjun ke laut. Selain orang dewasa, juga terdapat anak-anak yang menaiki kapal tersebut.

Menurut Sudayana, pihaknya tidak dapat menduga dan memastikan apakah masih terdapat korban lain yang belum ditemukan, mengingat jumlah yang berhasil dievakuasi pada hari itu ternyata jauh lebih besar daripada laporan awal, yaitu sebanyak 177 orang di atas kapal, yang terdiri dari 167 penumpang dan 10 anak buah kapal (ABK).

“Manifes awal saja itu kan 167 –penumpang-, krunya 10. Nah ini kenyataan kami evakuasi sudah 291, sudah jauh dari manifes itu,” jelas I Putu Sudayana.

Dia menambahkan tim SAR akan melanjutkan upaya pencarian dan pertolongan pada Selasa (25/10) pagi.

Adapun unsur SAR yang terlibat antara lain, Basarnas Kupang, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang, Badan Keamanan Laut (Bakamla) Kupang, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kupang, dan Polair Kupang, serta agen Kapal Express Cantika 77. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel