-->

Jokowi Sebut Indonesia Dorong Palestina Jadi Anggota Penuh PBB


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendorong agar negara Palestina menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB. Pernyataan itu Jokowi sampaikan langsung kepada Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh saat bertemu di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat Senin pagi ini, 24 Oktober 2022.

"Proses rekonsiliasi perlu terus didorong dan Indonesia siap memfasilitasi rekonsiliasi faksi-faksi yang ada di Palestina. Saya juga menyampaikan dukungan Indonesia agar Palestina menjadi anggota penuh di PBB," ujar Jokowi saat memberikan sambutan, Senin, 24 Oktober 2022.

Jokowi menyatakan Indonesia secara konsisten mendukung kemerdekaan Palestina dan berharap konflik di negara tersebut selesai secara damai dan adil. Jokowi menyebut Indonesia juga telah memberikan sejumlah bantuan untuk Palestina, baik dari segi infrastruktur ataupun bantuan logistik. "Saat ini MUI tengah memproses pembangunan rumah sakit Indonesia di Kota Hebron, Palestina," kata Jokowi.

Baca: Jokowi Sambut Perdana Menteri Palestina di Istana Bogor

Lebih lanjut, Jokowi menyebut Indonesia telah memberikan bantuan pengembangan kapasitas untuk mempersiapkan negara Palestina yang merdeka. Bantuan itu berupa pelatihan softskill kepada lebih dari dari 2.000 warga Palestina dalam beberapa tahun terakhir.

"Ke depan pemberian bantuan pengembangan kapasitas akan terus kita lakukan antara lain untuk UMKM e-commerce dan penanganan bencana," kata Jokowi.

Dari pantauan Tempo di lokasi, rombongan Shtayyeh tiba di Istana Kepresidenan Bogor pada pukul 10.15 WIB. Shtayyeh tiba dengan mobil limosin dan dikawal oleh sejumlah pasukan pengaman. "Rombongan PM Shtayyeh tiba di Indonesia tadi pagi pukul di 7.45 di Bandara Internasional Soekarno Hatta," bunyi keterangan dari Istana Kepresidenan.

Dalam acara penyambutan ini, Jokowi menanam pohon bersama dengan Shtayyeh di Istana Bogor. Mereka juga membahas sejumlah kerja sama di antara kedua negara.

Dalam prosesi penyambutan ini, ditembakkan meriam sebanyak 19 kali. Presiden Jokowi bersama jajaran menterinya juga terlihat menyambut langsung kedatangan Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh di pintu masuk Istana. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel