-->

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Jokowi memimpin upacara peringatan Hari Kesakstian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada pagi ini, Sabtu, 1 Oktober 2022. Ketua DPR Puan Maharani membacakan ikrar.

Upacara mulai digelar tepat pada pukul 08.00 WIB. Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju hadir dalam upacara pagi ini, termasuk Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Dalam upacara ini, ada sesi pembacaan ikrar oleh Puan Maharani. Dalam ikrar tersebut, Puan menyampaikan bahwa mereka yang hari ini menggelar upacara menyadari sepenuhnya telah banyak rongrongan terhadap NKRI sejak proklamasi kemerdekaan Indonesia.

"Rongrongan dimungkinkan oleh karena kelengahan dan kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara," kata Puan membacakan ikrar.

"Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI," kata politikus PDI Perjuangan ini.

Setelah pembacaan ikrar, upacara berlanjut dengan pembacaan doa. Sementara, Jokowi tidak memberikan sambutan ataupun pengarahan dalam upacara ini.

Dari pantauan Tempo lewat YouTube Sekretariat Presiden, sejumlah pejabat tinggi negara lainnya juga ikut hadir. Diantaranya adalah Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat Bambang Soesatyo, dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah La Nyalla Mattalitti

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini cukup berbeda ketimbang dua tahun sebelumnya. Pada 2020 dan 2021, para peserta upacara hanya hadir secara daring sementara Presiden Jokowi memimpin langsung di lokasi. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel