-->

Iriana Jokowi Ajak Peserta Parade Kebaya Doakan Korban Tragedi Kanjuruhan


SOLO, LELEMUKU.COM - Parade Berkebaya Bersama Ibu Negara yang diikuti Ibu Negara, Iriana Joko Widodo atau Jokowi, bersama 2.500 peserta memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia atau MURI untuk kategori Parade Kebaya dengan Jarik Wiron Solo Bersama Ibu Negara oleh Perempuan Terbanyak.

Parade kebaya yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2022 itu dilangsungkan di Kota Solo, tepatnya di Jalan Slamet Riyadi. Dengan mengenakan atasan kebaya dan bawahan batik, para peserta berjalan kaki dengan rute dimulai dari depan Rumah Dinas Wali Kota Loji Gandrung menuju depan Museum Batik Danar Hadi atau Ndalem Wuryaningratan.

Dari pantauan Tempo, Ahad, parade itu juga diikuti sejumlah tokoh wanita, diantaranya Ketua DPR Puan Maharani, istri Wakil Presiden Wuri Ma'ruf Amin, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati serta istri-istri gubernur se-Indonesia, serta OASE yang terdiri atas para istri menteri Kabinet Indonesia Maju.
Menjelang keberangkatan peserta parade, Iriana Jokowi sempat mengajak peserta untuk turut mendoakan para korban dari tragedi kerusuhan supporter sepak bola yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.
 
Saat tiba di lokasi finish, Iriana menyampaikan sambutannya dan mengajak masyarakat Indonesia, khususnya para perempuan untuk ikut melestarikan kebaya yang mencitrakan perempuan Indonesia. Menurut Iriana, kain dan kebaya telah lama jadi ciri dan gaya berbusana khas perempuan Indonesia dan mencitrakan perempuan Indonesia.

Ibu dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ini juga mengapresiasi para perempuan Indonesia yang selalu setia mengenakan kain dan kebaya dalam kegiatan sehari-hari.

"Kepada para perempuan Indonesia, pesinden, pengrawit, penari, buruh gendong, bakul jamu dan pembatik yang selalu setia mengenakan kain dan kebaya dalam bekerja dan melakukan kegiatan sehari-hari, semoga kesetiaan dan kecintaan ibu-ibu pada kain dan kebaya akan menginspirasi kaum perempuan dan generasi muda Indonesia untuk bangga dan makin mencintai kain dan kebaya sebagai citra perempuan Indonesia," kata Iriana.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel