-->

Xi Jinping akan Kunjungan ke Kazakhstan dan Uzbekistan


BEIJING, LELEMUKU.COM - Presiden China Xi Jinping akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Kazakhstan dan Uzbekistan pekan ini, kata Beijing, Senin (12/9). Kunjungan tersebut merupakan perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak awal pandemi virus corona.

Xi akan menghadiri pertemuan puncak para pemimpin Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) di kota Samarkand di Uzbekistan dan "melakukan kunjungan kenegaraan ke Kazakhstan dan Uzbekistan" atas undangan Presiden Kassym-Jomart Tokayev dan Presiden Shavkat Mirziyoyev dari Rabu hingga Jumat, kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan.

SCO terdiri dari China, Rusia, India, Pakistan, serta empat negara Asia Tengah -- Kazakhstan, Kirgistan, Uzbekistan, dan Tajikistan.

Organisasi itu akan mengadakan pertemuan puncak pada 15 dan 16 September di Kota Samarkand, Uzbekistan.

Rusia telah mengumumkan pekan lalu bahwa Xi akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT, ketika Moskow berusaha untuk meningkatkan hubungan dengan Beijing setelah ditampar dengan sanksi-sanksi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya atas invasinya ke Ukraina.

Beijing tidak mengutuk intervensi Moskow di Ukraina dan malah memberikan perlindungan diplomatik dengan mengecam sanksi-sanksi Barat dan penjualan senjata ke Kyiv.

Putin dan Xi terakhir bertemu pada awal Februari di Beijing menjelang Olimpiade Musim Dingin, beberapa hari sebelum presiden Rusia mengirim pasukannya ke Ukraina.

Perdana Menteri India Narendra Modi juga akan mengambil bagian dalam KTT di Samarkand, kata pemerintah India pada hari Minggu, tanpa mengatakan apakah Modi akan mengadakan pembicaraan bilateral dengan Putin atau Xi.

Hubungan India dengan China telah membeku sejak pertempuran pada tahun 2020 di perbatasan Himalaya yang disengketakan yang menewaskan sedikitnya 20 tentara India dan empat tentara China. Modi dan Xi belum mengadakan pembicaraan bilateral sejak 2019. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel