-->

Tito Karnavian Temui Minoru Terada Bahas Penguatan Kerja Sama Bilateral


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengunjungi Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang, Minoru Terada di Tokyo, Rabu, 28 September 2022 pukul 09.00 waktu setempat. Pertemuan untuk untuk membahas penguatan kerja sama bilateral di berbagai bidang yang menjadi tugas, pokok dan fungsi kedua kementerian.

"Di antaranya tata kelola pemerintahan, administrasi kependudukan (adminduk), manajemen banjir dan persampahan serta pengelolaan transportasi publik," demikian bunyi siaran pers Kemendagri yang diterima Tempo.

Dalam pertemuan tersebut Minoru Terada mengharapkan adanya kerja sama berupa bantuan teknis dalam berbagai bidang bisa segera terwujud dan berlanjut. Salah satu kesepakatan ialah membangun kerja sama di bidang adminduk, terutama dalam sistem pengamanan jaringan dan data secara komprehensif.

Tito menugasi Dirjen Dukcapil Kemendagri menindaklanjuti secara teknis ajakan kerja sama itu. Pihak Kemendagri Jepang juga menunjukkan kepada Tito tentang integrasi sistem adminduk dari tingkat kota, perfektur, hingga sistem nasional atau dikenal dengan J.LIS server.

Sehari sebelumnya, Tito juga telah bertemu dengan Gubernur Tokyo, Yuriko Koike. Dalam kunjungan itu, Tito Karnavian diajak mengunjungi Tokyo Tunnel yang diandalkan sebagai salah satu sistem pengendalian banjir.

Tito Karnavian mengharapkan Kemendagri RI dapat membangun kerjasama yang baik dengan Kemendagri Jepang. Apa lagi, menurutnya tugas dan fungsi kemendagri kedua negara memiliki banyak persamaan, khususnya di dalam memberikan arahan kebijakan kepada pemerintahan daerah.

Dalam kunjungannya Tito Karnavian didampingi oleh Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, Dirjen Adwil Kemendagri Safrizal ZA, dan Staf Khusus Bidang Politik dan Media Mendagri Kastorius Sinaga. Kepala Biro Perencanaan yang juga menjabat PLT Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kemendari, Bachril Bakrie, juga hadir dalam pertemuan tersebut.(Tempo) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel