-->

Selesaikan Masalah Data Penduduk, Pemkab Nduga Kunjungi Dirjen Dukcapil Kemendagri

Selesaikan masalah Data Penduduk, Pemkab Nduga Kunjungi Dirjen Dukcapil Kemendagri

KENYAM, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nduga yang dipimpin langsung Bupati Nduga Namia Gwijangge S.Pd. M.Si bersama KPU Nduga, DPRD Nduga dan Bawaslu Nduga mengunjungi Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) guna menyelesaikan persoalan data kependudukan di wilayah tersebut.

Kunjungan dilaksakan pada Senin (12/9/2022) tersebut Pemda Nduga, KPU Nduga, Bawaslu Nduga, DPRD Nduga dan Kemendagri sepakat akan melakukan jemput bola guna mendata warga Kabupaten Nduga yang presentase perekamannya dikawatirkan mempengaruhi Daftar Pemilih tetap (DPT) pada Pemilihan Umum pada Tahun 2024.

Dalam pertemuan ini, rombongan dari Nduga di terima langsung oleh Dirjen Dukcapil Prof. DR. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MM. Ia menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membantu Kabupaten Nduga dalam menyelesaikn permasalahan data Kependudukan.

“Penduduk Kabupten Nduga ini sebenarnya cukup besar, namun perekaman belum dilakukan maksimal. Kami Ditjen Dukcapil pada prinsipnya siap membantu Kabupaten Nduga dalam menyelesaikan masalah data kependudukan disana, ”Katanya.

Dirjen Dukcapil bahkan menyatakan siap membantu dengan mengirimkan tenaga teknis dalam proses perekaman data penduduk apabila diperlukan.

“Kalau diperlukan, kami siap mengirim tenaga teknis apabila diperlukan untuk mengejar target perekaman data penduduk,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Namia Gwijangge menyoroti terkait kondisi daerah yang sebagian besar tidak terjangkau jaringan internet.

Ia menyatakan bahwa pihaknya mendorong Dinas Dukcapil Nduga untuk melakukan perekaman secara mobile dan offline agar perekaman data sesuai dengan target.

“Setelah koordinasi ini, Dinas Dukcapil harus segera bekerja dan saya sampaikan terimakasih tadi kita dengar bapak Dirjen juga siap membantu proses perekaman,”tambahnya.

Gwijangge menambahkan bahwa proses data kependudukan ini bukan hanya tugas dan tanggung jawab Dinas Dukcapil Nduga melainkan tanggung jawab berbagai pihak.

Sementara itu, ketua DPRD Nduga Ikabus Gwijangge menyatakan siap mendukung Pemkab Nduga agar perekaman dapat berjalan dengan baik sehingga tidak merubah jumlah penduduk di Nduga.

“Sesuai hasil diskusi tadi, Kabupaten Nduga masih minim dalam melakukan perekaman data penduduk, karena itu saya meminta agar dinas terkait cepat, dari sisi budgeting kami mendorong agar kebutuhan Dinas Dukcapil dapat berjalan lancar,”Tegasnya. (Olemah)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel