-->

Sebagian Lampu di Jembatan Yunani Dimatikan untuk Hemat Energi


ATHENA, LELEMUKU.COM - Salah satu jembatan kabel pancang terpanjang di dunia di Yunani telah mematikan sebagian lampu hiasnya yang menarik perhatian, sem uk menghemat energi setelah harga melonjak. Jembatan Rio-Antirio dengan panjang hampir 3 kilometer yang melintasi selat Teluk Korintus, biasanya terlihat dari jauh. Kini jembatan itu gelap.

Diresmikan pada malam Olimpiade Athena pada 2004, jembatan ini merupakan bangunan terkenal di Yunani karena konstruksinya yang mengesankan dan merupakan jembatan terpanjang di negara itu.

Lampu hias yang dipadamkan terdiri dari 800 dari 1.500 lampu di jembatan itu. Sisanya harus tetap menyala.

Pemadaman lampu itu akan menghemat energi tujuh persen dari 52 persen energi yang dikonsumsi oleh sistem penerangan di jembatan.

Gedung-gedung umum juga mengambil langkah serupa, memadamkan lampu luar dan tindakan lain, setelah pemerintah meminta kota dan entitas negara untuk mengurangi konsumsi energi. Gedung parlemen neoklasik Yunani dan kantor walikota di Athena telah mematikan lampu eksterior mereka pada malam hari.

Kotamadya Athena juga mengganti 46.000 bola lampu di kota itu dengan bola lampu LED untuk mengurangi konsumsi energi sampai 60% dari 25 juta kilowatt jam per tahun menjadi 10 juta kilowatt jam. Lampu hemat energi juga dipasang di sekolah-sekolah.

Sebanyak 212.000 fasilitas negara mengonsumsi 5.340 gigawatt jam listrik tahun lalu, sekitar 10,8 persen dari total konsumsi energi Yunani. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel