-->

Pemkab Biak Ekspor Ikan Tuna ke Jepang 18 Ton di 5 Pekan Terakhir

Pemkab Biak Ekspor Ikan Tuna ke Jepang 18 Ton di 5 Pekan Terakhir

BIAK, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor terus mendorong upaya peningkatan ekspor ikan tuna segar ke Jepang. Salah satunya dengan meminta dukungan pihak terkait, khususnya penambahan jadwal pernerbangan Garuda Indonesia masuk ke Biak.

Dalam 5 pekan terakhir, total ekspor atau pengiriman ikan tuna segar dari Biak dengan tujuan Jepang telah mencapai 18 ton lebih. Pengiriman itu dilakukan sesuai dengan jadwal maskapai penerbangan Garuda Indonesia ke Biak (hanya satu kali pengiriman dalam satu pekan karena jadwal Garuda Indonesia terbatas).

Dari pegiriman 18 ton itu, sudah termasuk pengiriman yang dilakukan sebanyak 4,51 ton, Kamis (22/09/2022). Diharapkan kedepannya kuantitas atau jumlah ikan tuna segar jenis jenis Big Eye dan Yellow Fin terus mengalami peningkatan.

“Secara rutin pengirimannya sudah dilakukan ke Jepang, berbagai upaya terus dibangun oleh pemerintah daerah dalam hal ini Pak Bupati, supaya kedepan ada peningkatan,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Biak Numfor, Efendi Igiriza, S.Pi.,MM.

Dikatakan, bukan hanya pengiriman ke luar negeri, namun pengiriman ke sejumlah daerah lainnya termasuk ke Surabaya untuk tuna beku juga terus dilakukan. Tuna segar dan jenis ikan lainnya dibekukan di Cold Storage berkapasitas 200 ton.

"Berbagai upaya terus dilakukan Pak Bupati, salah satunya dengan terus membangun komunikasi agar pengelolaan dan ekspor ikan terus ditingkatkan. Termasuk diupayakan supaya kedepan bagaimana supaya ada pabrik pengelolaan ikan, dan ini terus dipersiapkan, dan menjadi harapan semua pihak ikut mendukung,” tandasnya. (HumasBiakNumfor)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel