-->

Kastorius Sinaga Sebut Tiga Nama Calon Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan


JAKARTA, LELEMUKU.VOM - Staf khusus Mendagri, Kastorius Sinaga mengatakan tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan usulan DPRD DKI akan diverifikasi terlebih dulu. Setelah itu, 3 nama tersebut akan diusulkan ke Presiden Joko Widodo alias Jokowi melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

"Semuanya diverifikasi dahulu persyaratan formilnya, administrasinya, lalu nanti akan dibawakan bapak Mendagri diusulkan ke Presiden," kata dia di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu, 14 September 2022.

Hari ini Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi menyerahkan tiga nama calon Pj Gubernur DKI kepada Kemendagri. Dia diterima oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro.

Kemarin DPRD DKI telah menggelar rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) membahas tiga calon Pj Gubernur DKI. Tiga nama yang muncul adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar, dan Sekretaris Daerah DKI Marullah Matali.

Kemendagri juga akan menyodorkan tiga nama, sehingga total ada enam orang yang akan dibahas siapa cocok menjadi pengganti Gubernur DKI Jakarta hingga 2024.  

Menurut Kastorius, penunjukan Pj Gubernur DKI pengganti Anies Baswedan bakal mempertimbangkan syarat administrasi, kualifikasi, dan rekam jejak calon. Dia berujar ada beberapa proses lainnya, tapi tak didetailkan. "Sehingga proses kita anggap sesuatu yang memang memenuhi keinginan masyarakat bahwa ini demokratis, transparan, dan akuntabel," terang dia.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel